Siap-siap, Bulan Ini BPS Buka Lowongan 390.000 Petugas Sensus Penduduk 2020, Ini Syaratnya

Seorang Aparatur Negeri Sipil (ASN) mendatangani komitmen bersama dukung sensus penduduk saat rapat koordinasi daerah sensus penduduk 2020 di Pendapa Kota Tegal, Jawa Tengah, Kamis (6/2/2020).(ANTARAFOTO/Oky Lukmansyah)

Sensus Penduduk Tahun 2020 bakal segera dilaksanakan secara serentak di seluruh daerah. Hal ini akan diawali dengan rekruitmen petugas sensus 2020.

Badan Pusat Statistik ( BPS) akan membuka lowongan untuk 390 ribu orang petugas di seluruh Indonesia pada awal April mendatang untuk menyukseskan Sensus Penduduk Tahun 2020 yang dilaksanakan secara serentak di seluruh daerah.

Dikutip situs resmi BPS, pada Jumat (13/3/2020), proses rekrutmen petugas SP2020 secara umum akan dimulai pada bulan Maret 2020.

Sementara lokasi dan waktu pembukaan dan pendaftaran lowongan akan segera diumumkan di kantor BPS di daerah masing-masing, baik di kabupaten maupun kota.

BPS mengimbau, masyarakat yang berminat sebagai petugas Sensus Penduduk 2020, bisa mendatangi langsung kantor BPS di daerah masing-masing untuk mendapatkan informasi lengkap terkait proses seleksi petugas sensus dimulai.

“Untuk itu, sering cek informasi pembukaan rekrutmen petugas sensus melalui kantor BPS terdekat atau membuka website kantor BPS di wilayah,” tulis BPS dalam keterangannya.

Sementara yang menjadi persyaratan adalah, petugas sensus harus berdomisili sesuai dengan daerah tempat sensus dilaksanakan dan minimal lulusan SMA sederajat.

Baca Juga :
KEPO Soal Gaji PNS th 2020, Ini Rinciannya mulai Gol I hingga Gol V.. Plusplus..

Pelamar yang lolos akan menerima pelatihan singkat, khususnya terkait pengisian kuesioner dan pengetahuan dasar tentang data-data penduduk.

Sebelumnya, Kepala BPS, Suhariyanto mengatakan, kebutuhan ratusan ribu tenaga lepas ini untuk menyukseskan Sensus Penduduk Tahun 2020 yang dilaksanakan secara serentak di seluruh daerah.

“Kita perlu teman-teman untuk menjadi petugas Sensus Penduduk. Silakan daftar,” katanya Suhariyanto.

Sensus penduduk tahun ini, BPS untuk pertamakalinya akan menggunakan metode survei secara online. Sehingga nantinya, jika penduduk yang sudah mengisi data kependudukan secara online, petugas sensus tak perlu lagi datang ke rumah untuk pendataan.(tim/spo)

Redaksi : Suara Jawa Timur

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :