Akad Nikah Unik Cegah Penularan Covid-19 di Jombang, Ijab Kabul Pakai Seutas Tali

Sumber: detik.com


Akad nikah unik karena wabah corona terjadi di Jombang. Jabat tangan antara pengantin pria dengan penghulu saat ijab kabul menggunakan seutas tali untuk mencegah penularan Covid-19.

Akad nikah unik ini dijalani Ifan Saifudin asal Desa Pelemahan, Kecamatan Sumobito, Jombang dengan Miftahul Firdaus, warga Desa Sumberejo, Kecamatan Jombang. Pasangan pengantin ini menggelar akad nikah di musala dekat rumah Miftahul, Rabu (1/4) kemarin.

Dua sejoli itu memakai masker dan sarung tangan agar terhindar dari virus corona. Begitu pula sekitar 10 keluarga kedua mempelai. Prosesi akad nikah dipimpin penghulu dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Jombang.

Bagian yang unik saat Ifan melafalkan ijab kabul di hadapan penghulu. Mereka menggunakan media tali sepanjang 60 cm saat berjabat tangan selama ijab kabul. Penghulu maupun Ifan memegang erat ujung tali putih tersebut.

Kepala KUA Kecamatan Jombang Hasanuddin mengatakan, ijab kabul pernikahan menggunakan media tali sudah menjadi anjuran Kementerian Agama. Tentunya akad nikah seperti ini untuk mencegah penyebaran Covid-19. Karena berjabat tangan dikhawatirkan menjadi media penularan virus tersebut.

“Memang hal itu tidak biasa dilakukan, tapi tidak mengurangi keabsahan dan juga nilai dari pernikahan itu sendiri,” kata Hasanuddin kepada wartawan, Senin (6/4/2020).

Sumber : detik.com

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :