Pemkot Mojokerto Eksplorasi Seni dan Budaya Mojopahit di alun-alun Mojokerto

Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) menggulirkan MojoArt. Event ini untuk mengapresiasi sekaligus melestarikan karya para pelaku seni di Mojokerto Raya.

MojoArt bakal dimulai Rabu mendatang (1/3). Event ini bakal menampilkan beragam karya seni dan budaya. Seperti kesenian reog, campursari, tari tradisional, pameran lukisan dan karya instalasi, kesenian angklung, hingga kesenian bantengan. Selain itu juga bakal ada Festival Kopi serta pameran UMKM dan Akik Permata yang akan terlaksana selama tiga hari berturut-turut. ”Pagelaran MojoArt akan kami gelar selama tiga hari. Yakni mulai dari Rabu (1/3) hingga Jumat nanti (3/3),” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kota Mojokerto, Amin Wachid.

Amin menambahkan, MojoArt 2023 ini diadakan sebagai bentuk penerapan dari upaya pelestarian dan kemajuan budaya yang ada di Mojokerto Raya. Melalui beragam penampilan rangkaian karya seni yang digelar selama tiga hari, diharapkan mampu menjadi wadah motivasi pelaku seni untuk lebih menghidupkan bakat keseniannya kepada masyarakat umum.

”Ini bertujuan sebagai implementasi dari kemajuan kebudayaan di Mojokerto Raya. Dengan menampilkan rangkaian ekspresi seni dan budaya, kami harap bisa lebih memotivasi para pelaku seni agar ke depan lebih mengeksplorasi kemampuan dan bakat berkeseniannya,” terang dia.

Tak hanya itu, seluruh sekolah mulai jenjang TK-SMP se-Kota Mojokerto bakal berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mereka akan menampilkan beragam pameran karya seni budaya selama tiga hari berturut-turut. Di samping itu, juga bakal ada lomba mewarnai batik dan menggambar motif batik yang akan diperuntukkan bagi siswa TK-SMP. ”Untuk lomba mewarnai batik, akan diikuti oleh murid TK. Sedangkan untuk lomba menggambar motif batik, akan diikuti siswa SD-SMP sederajat,” beber Amin.

Event ini juga bakal dimeriahkan dengan beragam diskusi terkait seni dan budaya. Di antaranya, sarasehan batik Mojokerto, sarasehan pengelolaan cagar budaya sekaligus Ngopi Bareng DKD yang bertemakan Maju Kotaku, Lestari Budayaku. Adapun, gelaran event ini akan digelar di Alun-Alun Kota Mojokerto.

(SMK Ma’arif Nu Prambon)

Sumber : radarmojokerto

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :