4 Kuliner Khas Sidoarjo yg wajib dicoba

Lontong Kupang. Shutterstock

Setiap daerah di Indonesia, tentu memiliki makanan khas yang menjadi ciri keunikan mereka dari segi kuliner.

Walau terkadang, makanan khas antara satu daerah dengan daerah yang lain memiliki kemiripan, tetapi kalau ditelisik jauh memiliki perbedaan, entah dari pengolahan atau bumbu yang digunakan. Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki ragam kuliner adalah Sidoarjo, Jawa Timur.

Apa saja kuliner khas Sidoarjo?

1. Lontong Kupang
Salah satu kuliner khas paling terkenal dari Sidoarjo adalah Lontong Kupang. Lontong kupang terdiri dari berbagai macam isian, seperti lontong, kupang, dan lentho. Kuliner ini disajikan dengan siraman kuah kupang. Sebagai informasi, kupang merupakan salah satu jenis kerang laun berwarna putih dengan ukuran yang kecil.

2. Bandeng Asap Sidoarjo
Sebagai salah satu kota penghasil ikan bandeng, Sidoarjo memiliki ragam kuliner olahan dari bandeng, salah satunya bandeng asap. Biasanya, bandeng asap dijadikan oleh-oleh setelah berkunjung dari Sidoarjo.

3. Sate Kerang
Sate kerang merupakan salah satu kuliner khas Sidoarjo yang biasanya disajikan bersama dengan lontong kupang. Sejak dahulu, sate kerang khas Sidoarjo sudah terkenal dan banyak menjadi pilihan ketika berkunjung ke Sidoarjo.

4. Kerupuk Udang
Kerupuk udang menjadi salah satu cemilan kuliner khas Sidoarjo yang banyak dikenal oleh masyarakat. Kerupuk ini terbuat dari campuran tepung tapioka dengan udang yang sudah ditumbuk halus. Kerupuk ini memiliki tekstur yang renyah dengana roma udang yang dapat meningkatkan selera makan. Kerupuk ini banyak disajikan sebagai pendamping makanan.

(SMK Ma’arif Nu Prambon)

Sumber : travel.tempo.co

INI 8 FAKTA, Wanita di Mojokerto Nekat Buang Bayinya Hingga Ditangkap Polisi

Baca juga :