Warisan Sejarah, Wisata Candi Pari dan di Sidoarjo

Penampakan Candi Pari di Desa Candi Pari, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo. (Foto: Suparno/detikJatim)

Kabupaten Sidoarjo ternyata menyimpan warisan sejarah peninggalan Majapahit. Namanya adalah Candi Pari yang terletak di Desa Candi Pari, Kecamatan Porong. Candi Pari adalah sebuah peninggalan masa klasik Indonesia yang terletak di Desa Candipari, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur. Lokasinya sekitar 2 km ke arah barat laut dari pusat semburan Lumpur Lapindo.

Pada tahun 1915, ditemukan beberapa arca, antara lain dua buah Arca Siwa Mahadewa, dua buah Arca Agastya, tujuh buah Arca Ganesha, dan tiga buah Arca Budha yang seluruhnya telah dibawa ke Museum Nasional. Temuan arca-arca ini dijadikan dasar untuk menduga bahwa Candi Pari merupakan candi Hindu. Di atas pintu masuk Candi Pari tertera tulisan 1293 Saka. Pada masa itu merupakan era Kerajaan Majapahit di bawah kepemimpinan Raja Hayam Wuruk.

Kegiatan pelestarian yang pernah dilakukan pada candi ini adalah penetapan sebagai cagar budaya peringkat nasional pada tahun 2022, kegiatan pemugaran yang telah dimulai sejak masa Kolonial Belanda dengan melakukan penambahan kayu pada langit-langit pintu masuk. Pada tahun 1994-1999 candi kembali dipugar oleh Kanwil Depdikbud dan Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala Jawa Timur.(SMK MAARIF NU PRAMBON)

Sumber : kemdikbud.go.id
: detik.com

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :