Hanya Ada di SIDOARJO, 2 Wisata Alam PALING SPEKTAKULER Bekas Lumpur Lapindo.

Kabupaten Sarindo muncul di banyak berita sejak meluapnya lumpur Lapindo pada tahun 2006.

Siapa sangka, di bekas lahan bencana yang menelan banyak sekali kerugian waktu itu kini justru menjadi destinasi wisata yang sangat menarik, bahkan menjadi hits.

Akan tetepi tidak hanya itu, Kabupaten Sidoarjo juga memiliki banyak destinasi wisata alam lain yang tak boleh dilewatkan oleh Anda pra traveler.Sebagian di antaranya merupakan wisata alam yang sudah ngehits, populer dan banyak dikunjungi wisatawan, sebagian lagi merupakan hidden gem yang menawarkan pesonanya tersendiri.

Berikut ini 2 destinasi wisata alam paling spektakuler di Sidoarjo
1. Pulau Lusi

Pulau lusi adalah pulau yang terbentuk dari endapan lumpur Lapindo. Proses sendimentasi dari aliran lumpur yang menyembur sejak tahun 2006 lalu telah menjadi sebuah pulau yang cantik.
Dulunya Pulau Lusi ini lebih dikenal sebagai Pulau Sarinah oleh warga setempat. Akan tetapi kemudian diganti menjadi Pulau Lusi, nama yang diberikan oleh Menteri Perikanan dan Kelautaun saat itu, Susi Pujiastuti. Nama Pulau Lusi ini merupakan akronim dari Lumpur Sidoarjo.

Meski tergolong masih baru sebagai tempat wisata akan tetapi, Pulau Lusi cepat populer, bahkan di tahun 2019, Pulau Lusi mendapat gelar sebagai destinasi wisata terpopuler kedua di Indonesia pada Anugerah Pesona Indonesia (API) Award.

Pulau yang memiliki luas 93,4 hektar memiliki banyak spot eksotis untuk dikunjungi. Keindahan alam yang tak dapat ditemui di tempat lainnya.

Pulau ini ditanami dengan pohon mangrove yang tumbuh dengan baik di endapan lumpur, sehingga sebagian besar Pulau Lusi dipenuhi oleh mangrove.

Di pulau ini disediakan camping ground di tepi sungai Porong, sehingga pengunjung dapat berkemah sambal menikmati indahnya pemandangan di Pulau Lusi.
Selain itu masih banyak yang dapat dinikmati di pulau ini, seperti jalan setapak di tengah hutang mangrove, lintasan speda, bangku-bangku di taman, bahkan anda dapat bermain jetski di sungai.
Pulau Lusi terletak di tengah-tengah Sungai Porong, perbatasan antara Pasuruan dan Sidoarjo, berjarak kira-kira 25 kilometer dari darat Tlocor, Desa Kedungpandan Jabon.

2. Wisata Lumpur Lapindo
Seperti namanya, destinasi wisata ini juga merupakan bekas semburan lumpur Lapindo. Lumpur yang mengendam menjadi dataran yang justru menawarkan keindahan tersendiri.

Di tempat wisata ini dibuat patung-patung manusia yang seolah-olah merupakan orang-orang yang tenggelam oleh lumpur lampindo.

Tak sulit untuk menemukan lokasi Wisata Lumpur Lapindo karena berada di pinggi Jalan Raya Porong. Di sini Anda akan dapat menyaksikan lautan lumpur yang mulanya merupakan bekas sejumlah desa di tiga kecamatan yang lenyap ditelan lumpur.***

Dapatkan update berita pilihan, breaking news, dan artikel setiap hari dari SurabayaNetwork.id. Ayo gabung kanal Telegram Surabaya Network, caranya klik link https://t.me/surabayanetwork, lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.(SMKN 1)

Sumber: https://surabaya.jatimnetwork.com/nasional/pr-527246326/hanya-ada-di-sidoarjo-2-wisata-alam-paling-spektakuler-bekas-lumpur-lapindo-nomor-1-dapat-anugerah-api-award?page=3

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :