BMKG Ingatkan Potensi Banjir di Beberapa Daerah di Jatim, Ini Data dan Prakiraannya

BMKG Juanda mengingatkan beberapa daerah di Jatim yang berpotens dilanda banjir, seperti Blitar, Malang, dan Banyuwangi pada Senin (17/10/2022). Salah satu penyebabnya adalah cuaca ekstrem yakni hujan deras disertai angin kencang.

Mengutip informasi yang tertulis dalam situs BMKG Juanda yang dirilis pada Senin (17/10/2022) disebutkan beberapa wilayah Jatim memang berpotensi mengalami cuaca ekstrem yang mengakibatkan banjir, puting beliung, hujan es, mapun tanah longsor.

Sejumlah wilayah yang berpotensi banjir tersebut adalah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Kabupaten/Kota Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kabupaten/Kota Madiun, Magetan, Ponorogo, Ngawi, Pcitan, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten/Kota Kediri, Kabupaten/Kota Blitar, Kabupaten/Kota Malang, Batu, Kabupaten/Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Jember, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sumenep, dan Sampang.

BMKG Juanda juga mengeluarkan peringatan dini untuk 18 dan 19 Oktober 2022 di sebagian wilayah Jatim. Yakni waspadai hujan deras dan angin kencang.

Pada Tanggal 18 Oktober 2022

Pagi hari di Surabaya, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Tuban, Nganjuk, Ponorogo, Trenggalek, Kabupaten Blitar, Kabupaten/Kota Kediri, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep.

Siang hingga sore hari di Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Kabupaten/Kota Blitar, Kabupaten/Kota Kediri, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep.

Malam hari di Gresik, Kabupaten Malang, Lumajang, Banyuwangi dan Bangkalan
Dini hari di Sidoarjo, Gresik, Nganjuk, Kabupaten/kota Malang, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, dan Banyuwangi.

19 Oktober 2022

Pagi hari di Surabaya, Kabupaten Mojokerto, Tuban, Nganjuk, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Kota/Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Sampang, dan Sumenep.

Siang hingga sore hari di Kota/Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Jombang, Nganjuk, Kabupaten/Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Kota/kabupaten Blitar, Kabupaten/Kota Kediri, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, dan Sumenep.

(tim/say)

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :