Kehilangan Kaki, Pria di Mojokerto Ini Buat Bengkel Kaki Palsu

Kehilangan kaki kanan karena kecelakaan lalu lintas tak membuat Sugeng Siswoyudono (60) patah semangat. Karena kegigihannya, bapak empat anak ini mempunyai bengkel kaki palsu yang memberi harapan hidup baru kepada para penyandang disabilitas.

Sugeng menunjukkan kualitas kaki palsu yang ia pasang menggantikan kaki kanannya yang telah diamputasi selutut. Protesis kaki bergambar kepala harimau itu ia gunakan untuk loncat-loncat dan berlari. Inilah salah satu contoh kaki palsu buatan bengkel milik Sugeng.

Bengkel kaki palsu bernama Than Must Soegeng Mirtha Production ini terletak di Kauman Gang 3 No 33, Kelurahan Kauman, Mojosari, Mojokerto. Bengkel ini khusus melayani reparasi dan pembuatan protesis kaki.

Pria kelahiran Palembang, Sumsel ini mengisahkan kenangan pedihnya saat kehilangan kaki kanan tahun 1981. Kala itu, ia tertabrak truk di Bypass Mojokerto dalam perjalanan mengendarai sepeda motor ke acara apresiasi seni di sekolahnya. Kaki kanannya harus diamputasi selutut karena hancur tergilas roda truk.

“Waktu itu saya masih SMA kelas 2 sehingga mengubur cita-cita saya. Waktu itu saya ingin jadi tentara, bapakku kebetulan tentara,” kata Sugeng, Minggu (19/6/2022).

Awal Kenal Kaki Palsu

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :