Sensasi Durian Bakar Wonosalam Jombang, Cukup Rp 25 Ribu Aja

Foto : Antara Jatim/Syaiful Arif

Kawasan Puncak Wonosalam di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, memang sangat terkenal dengan buah durian. Bahkan, di setiap musim durian selalu digelar pesta ribuan durian secara gratis.

Namun, ada salah satu olahan durian di kawasan Wonosalam yang cukup unik dan menarik untuk dicoba, yakni Durian Bakar yang sudah cukup terkenal.

Durian Bakar ini bisa dijumpai di yang ada di Dusun Sumber, Desa/Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Harga Durian Bakar ini pun cukup terjangkau, hanya sekitra Rp25 ribu hingga Rp 100 ribu, tergantung ukuran buah duriannya kalau ingin menikmati durian bakar utuh.

Sementara mengenai proses pembakaran durian ini pun sangat mudah dan cepat. Yakni dengan membakar buah durian di atas arang dengan menggunakan alat pemanggang daging.

Pembakaran durian ini hanya membutuhkan waktu sekitar Setelah kurang lebih 3-5 menit dibakar, durian yang sudah tampak berubah warna kecoklat kemudian ditaruh di atas wadah khusus yang terbuat dari cangkang buah durian yang dirakit seperti mangkok.

Nah, durian bakar tersebut kemudian diberi bahan pelengkap, seperti, ketan putih, ketan hitam serta kelapa Muda, ditambah lagi potongan buah naga, buah jeruk, dan daun mint yang dijadikan topping durian bakar.

Sebagai sentuhan terakhir, durian Bakar juga dilumuri susu krimer lalu disajikan dan siap disantap.

Samiaji (45), koki sekaligus inovator durian bakar ini mengatakan, menu durian bakar tersebut sudah disesiakan sejak tahun 2017 lalu dan sengaja dipadukan dengan nasi ketan untuk menguatkan identitas sebagai kuliner orang Jawa.

Soal rasa, durian bakar khas Wonosalam ini memiliki daging lebih lembut dan creamy tanpa aroma yang terlalu menyengat.

Seorang pengunjung yang menikmati durian bakar di rumah makan Dusun Sumber, Desa Wonosalam, Jombang mengaku rasa durian bakar sangat enak dan bikin ketagihan. “Rasanya enak, mantab,” kata Sugi, warga Mojokerto, Selasa (28/01/2020).
(tim/spo)

Redaksi : Suara Jawa Timur

Baca juga :