Punya Bobot 1 Ton, Ini Sapi Kurban Pak Jokowi di Rembang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeli sapi kurban di Rembang, Jawa Tengah seberat 1.004 ton. Sapi berjenis peranakan ongole ini dibeli dari Kepala Desa Sendangagung, Kecamatan Kaliori, Inayah.

Inayah menuturkan sapi miliknya itu dibeli Jokowi melalui Dinas Peternakan seharga puluhan juta Rupiah.

“Jadi melalui Dinas Peternakan Rembang. Diusulkan, kemudian dapat harganya, transaksi disepakati. Dibeli sama Pak Jokowi, awalnya buka harga 100 juta, deal harga Rp 90 juta,” terang Inayah saat di kediamannya, Senin (19/7/2021).

Inayah menyebut sapi peranakan ongole itu memiliki bobot lebih dari satu ton. Sapi kurban Jokowi itu nantinya akan dikirim ke Kabupaten Grobogan untuk disembelih di salah satu masjid yang telah ditunjuk.

“Awalnya kan dari dinas ada kunjungan ke sini, untuk hewan kurban Pak Jokowi. Dilihat sapi saya ini tertarik, awalnya bobot 850 kilogram. Sekarang bisa 1 ton,” cerita dia.

Sapi kurban Jokowi di Rembang berbobot 1.004 kg berjenis peranakan ongoleSapi kurban Jokowi di Rembang berbobot 1.004 kg berjenis peranakan ongole.

Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang, drh Ahyuni Indahwati menyebut sapi kurban dari Inayah tersebut dipastikan telah lulus standar kesehatan.

“Kita periksa, yang awalnya dari 600 kilogram, kita bantu program penggemukan akhirnya bisa tembus 1 ton. Kita periksa semuanya, sampai fesesnya, dinyatakan bebas cacing, sehingga lolos,” tutur Ahyuni.

Ahyuni menambahkan ada tiga sapi kurban yang dibeli Jokowi di Jawa Tengah. Dari ketiga sapi kurban Jokowi di Jateng itu, sapi milik Inayah menjadi yang tergemuk.

“Di Jawa Tengah ada 3 sapi yang dibeli oleh Pak Jokowi. Sapi ini menjadi yang terbaik, di antara ketiga sapi ini. Yang paling gemuk di antara yang lain,” pungkasnya.(tim/Sam)

Redaksi : Suara Jawa Timur
Sumber : Detik.com (Naskah Berita Asli)

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :