Diguyur Hujan Lebat, Sejumlah Desa di Jombang Tergenang

Intensitas hujan tinggi membuat sejumlah permukiman di beberapa desa tergenang air. Salah satunya, di Dusun Nglajur, Desa Tugusumberejo, Kecamatan Peterongan, Jombang. Ketinggian air mencapai 30 sentimeter (cm) dan sebagian masuk ke dalam rumah warga, hingga Senin (26/2) siang.

Mulai masuk di ruang tamu, dapur dan kamar. Beruntung, sebelum air masuk, sejumlah barang-barang berharga milik warga telah diamankan ke tempat lebih tinggi.

”Ya, ini masuk seluruh rumah,’’ ujar Nurul Aini, 40 thn, warga Dusun Nglajur, Desa Tugusumberejo, Kecamatan Peterongan, Jombang.

Dijelaskan, air datang secara perlahan Minggu (25/2) malam sekitar pukul 22.00 WIB. Sebelumnya, memang turun hujan lebat dengan durasi cukup lama. Kemudian air di saluran meluap dan masuk ke ke dalam rumah, Wargapun tak bisa beraktivitas selain di rumah sembari menunggu perkembangan air surut. Sejumlah kendaraan roda dua juga terpantau banyak yang mogok akibat kemasukan air.

Tak hanya itu, luapan saluran juga menggenangi sejumlah desa sekitar. Misalnya, Desa Trawasan, Kecamatan Sumobito, Jombang dan Ponpes Darul Ulum Peterongan, Jombang.

Dikonfirmasi hal ini, Stevie Maria penanggung jawab operasional lapangan, penanggulangan bencana dan kebakaran BPBD Jombang, membenarkan ada luapan saluran yang membuat permukiman warga di Desa Tugusumberjo tergenang. Meski demikian, ia memastikan banjir tidak sampai membuat warga harus mengungsi.

Sumber : www.radarjombang.com

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :