Serahkan Sertifikat Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto ke Sedati Gede Sidoarjo

Pada hari Jumat, 20 Oktober 2023, Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto, datang ke Desa Sedati Gede, Sidoarjo, Jawa Timur, untuk menyerahkan secara langsung Sertipikat Hak Milik kepada warga. Selain itu, ini memastikan bahwa proses penyertipikatan tanah di Kota Delta berjalan lancar.

Di Desa Sedati Gede, Menteri ATR/Kepala BPN menyerahkan 20 sertipikat dari 200 sertipikat secara door-to-door. Sertipikat ini merupakan hasil dari program PTSL yang bertujuan untuk secara sistematis dan menyeluruh mendaftarkan dan mensertifikasikan bidang tanah.

“Hari ini kita menyerahkan 20 sertipikat di 10 titik di Desa Sedati Gede, Kecamatan Sedati. Untuk Kabupaten Sidoarjo sendiri, perkiraan jumlah bidang tanahnya 864 ribu dan yang sudah terdaftar 708 ribu. Jadi sudah sekitar 82 persen, jadi tinggal 18 persen lagi,” kata Menteri ATR/Kepala BPN.

Sertipikat tanah ini memastikan warga Desa Sedati Gede, Sidoarjo, memiliki hak milik atas rumah mereka. Sertipikat ini juga dapat mencegah konflik pertanahan. Sertipikat juga dapat menjadi cara untuk meningkatkan pendapatan warga.

Sertipikat tanah ini memastikan warga Desa Sedati Gede, Sidoarjo, memiliki hak milik atas rumah mereka. Sertipikat ini juga dapat mencegah konflik pertanahan. Sertipikat juga dapat menjadi cara untuk meningkatkan pendapatan warga.

Menurut data, program PTSL telah berhasil mempercepat proses pendaftaran dan sertipikasi bidang tanah di Indonesia. Sampai saat ini, jumlah bidang tanah terdaftar di Indonesia sekitar 107,5 juta dari total 126 juta bidang tanah. Untuk di Jawa Timur sendiri tanah terdaftar sudah mencapai 16.924.540 bidang dan yang telah tersertipikat sebanyak 13.774.917 bidang.

Pada kunjungan kerja di Sidoarjo ini, Hadi Tjahjanto menjamin bahwa PTSL dilakukan sesuai dengan aturan dan tidak ada pungli. Ia juga mengingatkan penerima agar menjaga sertipikatnya dengan baik.

“Pertama tolong jaga sertipikat itu, jangan sembarangan pinjamkan kepada orang yang tidak punya kepentingan. Kedua, kalau ada peluang usaha dan ada ide bisa dimanfaatkan dengan Hak Tanggungan. Dan tentunya yang ketiga adalah simpan dengan baik, kalau bisa difotokopi, supaya kalau ada yang hilang salah satunya atau yang asli, fotokopinya bisa diganti dengan yang asli,” pesan Menteri ATR/Kepala BPN.

Turut mendampingi Menteri ATR/Kepala BPN dalam kunjungan kerja ini adalah Staf Ahli Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah, Yulia Jaya Nirmawati; Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian ATR/BPN; para Kepala Kantor Pertanahan di Provinsi Jawa Timur beserta jajaran; dan beberapa Kepala Daerah di Kabupaten Sidoarjo beserta jajaran. (bjt/ram)

sumber : beritajatim.com

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :