Truk Box Tronton alami Rem Blong hingga Hantam Dua Rumah dan Toko Onderdil di Mojokerto

Kondisi truk box tronton nopol L 9194 AN yang menabrak dua teras rumah warga dan toko onderdil sepeda motor di Jalan Raya Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. [Foto : Misti/beritajatim.com]

Sebuah truk box tronton nopol L 9194 AN mengalami rem blong di Jalan Raya Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (25/2/2023). Truk menghantam dua teras rumah warga dan satu toko ondirdel sepeda motor yang ada di sisi kiri jalan.

Kecelakaan tunggal di jalur nasional Surabaya – Madiun tersebut menyebabkan teras rumah warga mengalami kerusakan cukup parah. Arus lalu-lintas di akhir pekan tersebut macet akibat kecelakaan yang disebabkan rem truk box tronton tidak berfungsi atau ngeblong.

Truk box tronton yang dikemudikan Dony Setiabudi (30) warga Sidoarjo tersebut berjalan dari selatan ke timur atau dari arah Jombang ke Surabaya. Sampai di lokasi kejadian, tepatnya traffic light Simpang Lima Trowulan diduga truk mengalami rem blong.

Saat melintas di trafic light Simpang Empat Trowulan tersebut, truk tiba-tba oleng dan langsung menghantam dua teras rumah warga dan toko onderdil motor. Sopir tidak menguasai kendaraan tersebut akibatnya menghantam dua teras rumah warga dan toko onderdil sepeda motor yang ada di sisi kiri jalan.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kecelakaan tunggal tersebut, hanya kerusakan material. Selain dua teras rumah dan toko onderdil sepeda motor mengalami kerusakan parah, body depan truk ringsek akibatnya menghantam bangunan teras rumah warga hingga jebol.

Kerasnya benturan tersebut sempat mengejutkan pemilik rumah yang saat itu berada di dalam rumah. Pemilik rumah yang kaget karena suara yang cukup keras langsung berhamburan keluar rumah. Mereka mendapati teras rumah dan toko milik mereka mengalami kerusakan cukup parah.

Sopir truk box tronton, Dony Setiabudi (30) mengatakan, jika truk yang dikendarai mengalami rem blong. “Dari arah Jombang, setelah bongkar muat di Tulungagung mau ke Surabaya. Tiba-tiba rem blong, banyak kendaraan di sini spontan banting setir ke kiri,” ungkapnya.

Pasalnya, saat kejadian traffic light mau menyalah merah sehingga banyak kendaraan ada di depannya. Ia spontan banting setir ke kiri dengan tujuan agar truk yang dikendarainya dalam keadaan kosong tersebut bisa berhenti.

Sementara itu, pemilik rumah, Zaini mengaku tidak tahu persis kejadiannya karena ada di dalam rumah sedang seterika baju. “Tahunya, ada suara grodok terus keluar rumah. Tahu-tahu truk menabrak teras rumah dan toko onderdil sepeda motor milik saya,” jelasnya.

Sementara itu, akibat kecelakaan tunggal membuat arus lalu-lintas dari Jombang menuju Surabaya sempat macet. Petugas dari Unit Laka Satlantas Polres Mojokerto yang datang ke lokasi kejadian melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan mengevakuasi bangkai truk.

(SMK Ma’arif Nu Prambon)

Sumber : Beritajatim.com

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :