Makanan Khas Sidoarjo Mie Bebek Kuah Pedas Bikin Ngiler

Ketika musim hujan tiba hidangan mie berkuah pedas selalu menjadi andalan banyak orang. Biasanya hidangan mie selalu identik dengan topping ayam, seperti pangsit mie ayam. Namun, salah satu hotel di Sidoarjo menyajikan kuliner mie kuah pedas yang dipadukan dengan bebek bumbu kuning.

Sekilas, tampilan mie bebek ini hampir mirip seperti kuliner khas Tuban, mie becek. Lembutnya mie disiram kuah kuning kental dengan taburan topping daging bebek di atasnya, membuat siapa pun akan ngiler saat melihatnya. Rasa khas rempah-rempah membaur dengan pedasnya kuah mie sangat cocok disajikan saat cuaca dingin.

Rizky Maulana, Chef de Party Favehotel Sidoarjo menjelaskan, ide membuat mie bebek muncul karena dirinya ingin menyajikan hidangan berbahan dasar mie yang berbeda dari biasanya namun tetap mendominasi rempah-rempah dan rasa pedas.

“Memang kita sengaja cari yang beda biar ada khasnya. Akhirnya bebek itu kita tonjolin. Biar orang gak melulu makan mie ayam terus,” ucap Rizky, Senin, 20 Februari 2023.

Rizky menjelaskan bahan untuk membuat mie bebek kuah pedas sangat sederhana. Bahan dasar mie kuning di siram kuah yang kaya akan bumbu rempah-rempah dan cabe merah, kemudian diberi topping potongan daging bebek di atasnya.

“Bumbu yang dominan bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, dan kecil makanya rasanya agak pedas. Trus kita tambahin potongan daging bebek sebagai kondimen sama ada acarnya,” jelasnya.

Rizky mengaku meskipun baru satu pekan di launching, kuliner bercita rasa pedas creamy tersebut banyak diminati masyarakat, terutama saat cuaca dingin atau musim hujan. “Kemarin waktu launching banyak yang suka terutama yang suka makan bebek. Ini kok beda ada mie bebek karena mie ayam sudah biasa,” imbuh Rizky.

Untuk menikmati satu porsi mie bebek kuah pedas pengunjung hanya merogoh kantong Rp 48 ribu saja. Pengunjung bisa memesan kuliner tersebut kapan saja. “Dalam sehari rata-rata laku 8 hingga 10 porsi,” kata Rizky.

Seperti Ria, salah satu pengunjung di Favehotel Sidoarjo yang hobi makan kuliner bebek, mengatakan, dirinya penasaran saat mendengar ada kuliner mie bebek kuah pedas di Sidoarjo. “Saya hobi kuliner, dan kebetulan mie dan bebek merupakan salah satu kuliner favorite saya. Enak sekali rasanya kuah rempah-rempahnya terasa, pedas juga,” ungkap warga Surabaya ini.(SMKN 1)

Sumber: https://www.ngopibareng.id/read/mie-bebek-kuah-pedas-khas-sidoarjo-bikin-ngiler-yang-melihatnya

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :