Taman Safari Prigen Sebagai Tempat Wisata Edukasi Untuk Mengenal Berbagai Macam Satwa

Tempat wisata adalah tempat yang digunakan untuk melakukan kegiatan wisata yang bertujuan menyegarkan pikiran kita dari berbagai macam pekerjaan yang telah dilewati. Selain menjadi tempat untuk melakukan kegiatan wisata, banyak juga tempat wisata di Indonesia yang dijadikan sebagai tempat wisata edukasi, seperti yang ada di Taman Safari Prigen. Taman Safari Prigen ini terletak di lereng Gunung Arjuno, Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Taman Safari Prigen sering disebut dengan Taman Safari Indonesia 2 dan merupakan salah satu safari park terluas se-Asia. Taman Safari Prigen ini memiliki luas hingga 350 hektare.

Taman Safari Prigen menyuguhkan berbagai macam objek wisata, atraksi, dan pertunjukan yang sangat menarik. Taman Safari Prigen mengusung tema kebun binatang ala Afrika. Salah satu objek wisata yang paling menarik adalah safari adventure. Dalam safari adventure ini pengunjung dapat mnyaksikan kehidupan hewan di alam liar dengan menggunakan mobil pribadi. Taman Safari Prigen memiliki 3 zona utama, yakni Zona Satwa atau Safari Advanture, Zona Rekreasi dan Zona Babyzoo. Selain dapat berekreasi Taman Safari Prigen ini juga cocok untuk mengenalkan berbagai macam satwa yang ada di seluruh belahan dunia kepada anak-anak.

Pada zona satwa yang dilewati saat safari adventure adalah zona afrika yang terdiri dari satwa endemik seperti zebra, jerapah, badak, dan kambing gunung. Pada zona Amerika-Eropa terdapat satwa dari Amerika dan Eropa seperti liama, bison, dan kalkun. Di zona Asia terdapat satwa yang hidup di negara tropis seperti banteng, siamang, rusa, orangutan, dan gajah. Di zona Australiana terdapat satwa seperti kangguru, walabi, dan wombat. Dan di zona karnivora terdapat hewan buas seperti harimau dan singa.

Pada zona babyzoo kita dapat melihat dan berinteraksi lebih dekat dengan para satwa. Selain itu, kita juga bisa berfoto dengan para satwa dan mencoba Satwa Tunggang untuk mengelilingi Taman Safari Prigen. Dan masih ada wahana agar kita dapat berinteraksi dengan hewan laut atau wahana Aquatic Land. Di sini kita dapat melihat beaver, anjing laut, dan penguin humboldt yang didatangkan langsung dari Amerika Selatan.

Pada zona rekreasi terdapat berbagai macam permainan yang sangat menarik wahana-wahana tersebut terdapat di Amuessement Park diantaranya adalah permainan roller coaster, bom-bom car, sepeda layang, Rio Bravo, dan puri misteri. Ada pula wahana permainan air atau Safari Water Wordl diantaranya adalah Gigantic Water Slide, Crocodile Cave Lazy River, Angkor Wat, dan Pirate Ship Park.

Taman Safari Prigen juga menyuguhkan atraksi dan pertunjukan yang dilakukan dengan beberapa satwa yang bertujuan untuk menghibur penontonnya dan memberikan edukasi bahwa kita harus menjaga kelestarian satwa di hutan agar populasinya tidak menurun atau mengalami kelangkaan fauna. Salah satu pertunjukan yang ada di Taman Safari Prigen adalah Elephant’s Story pertunjukan ini menceritakan tentang gajah yang mengamuk karena habitatnya yang semakin sempit akibat pembangunan yang dilakukan oleh manusia. (Jas/tim)

Sumber : https://www.kompasiana.com

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :