Tabungan Penjual Jagung Rebus Rp 35 Juta di BRI Sidoarjo Tiba-Tiba Hilang

Tabungan Rp 35 Juta Milik Penjual Jagung Rebus Keliling di Sidoarjo Tiba-tiba Raib di Bank. Uang senilai Rp 35 juta raib dari rekening seorang penjual jagung rebus keliling di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Penjual jagung rebus keliling yang bernasib malang itu adalah Karsito (42), warga Siwalankerto, Surabaya.

Tabungan BRI milik Karsito sejatinya berisi Rp 75 juta. Itu adalah uang hasil pinjam ke bank dalam program KUR (kredit usaha rakyat) yang rencananya dipakai untuk tambahan modal usaha dan untuk membangun rumah.

“Tiba-tiba saldonya tinggal 40 juta. Padahal saya belum mengambil sama sekali dan belum menggunakan uang itu untuk apa-apa,” ujar Karsito, Rabu (1/2/2022).

Dia sama sekali tidak tahu bagaimana proses uang di dalam rekeningnya itu bisa berkurang. Karsito sudah mengadukan persoalan ini ke Bank BRI, dan dia juga sudah melapor ke polisi terkait hilangnya uang di dalam rekeningnya tersebut.

Diceritakan, akhir tahun 2022 lalu, di pagi hari dia mendapat informasi dari pihak BRI bahwa KUR yang diajukannya telah cair. Tapi tanpa dia sadari, sorenya uang di dalam rekening berkurang.

Karsito menceritakan bahwa selang beberapa jam setelah pencairan, dia mendapat notifikasi pihak BRI lewat SMS. Dalam notifikasi tersebut dijelaskan bahwa rekeningnya terdaftar di direct debit ke Shopee dan Tokopedia beberapa kali. Namun karena merasa tidak belanja online dan tidak paham maksud notifikasi tersebut, dia membiarkannya.

Setelah itu ada lagi notifikasi beberapa kali yang isinya mengingatkan agar waspada, untuk tidak memberikan kode OTP pada pihak manapun termasuk pihak bank. Karena tidak paham dan tidak merasa melakukan transaksi, dia pun membiarkan saja notifikasi itu.

Hal yang paling janggal yang diingatnya adalah telepon dari orang tak dikenal. Orang tersebut beralasan akan mengirim barang pesanan online. Namun karena tidak merasa membeli, dia menutup teleponnya.

“Apakah itu penyebabnya atau tidak saya juga tidak tahu. Yang jelas, saat mengecek saldo via lewat internet banking, hanya tersisa Rp 30 juta dari jumlah uang Rp 75 juta. Berarti ada yang hilang Rp35 juta. Saya bingung dan langsung lemas pas melihat isi rekening tersebut,” kata dia.

Karsito hanya bisa berharap aparat penegak hukum bisa mengungkap perkara yang menimpanya itu. Serta berharap Bank BRI bisa membantu terkait kasus yang menimpanya.

“Saya harus membayar cicilan KUR sekitar 3 juta per bulan. Padahal uang yang saya terima tidak sampai separo dari jumlah sebenarnya. Apakah tidak ada keringanan atau bagaimana begitu,” harapnya.(SMKN 1)

Sumber: https://mataraman.tribunnews.com/2023/02/01/uang-rp-35-juta-raib-dari-rekening-penjual-jagung-rebus-keliling-di-sidoarjo-kok-bisa

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :