130 Rumah di Sidoarjo Rusak Diterjang Angin Kencang

SIDOARJO – Angin kencang yang menerjang delapan desa di enam kecamatan di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur membuat setidaknya 130 rumah warga dan sejumlah fasitias publik rusak.

Data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo mencatat,130 rumah warga rusak tersebut dampak dari terjangan angin kencang pada Selasa (11/10/2022) sekitar pukul 17.15 WIB.

Sementara enam kecamatan yang terdampak diantaranya Sukodono, Kota Sidoarjo, Candi, Tanggulangin, Tulangan, dan Krembung.

Kepala BPBD Sidoarjo Dwijo Prawito mengatakan bahwa terjangan angin kencang menimbulkan kerusakan 26 rumah di Desa Kedondong, Kecamatan Tulangan, serta 31 rumah di Desa Kedungsumur, Kecamatan Krembung.

“Angin kencang juga mengakibatkan kerusakan 24 rumah, satu bangunan sekolah, dan satu bangunan pondok pesantren di Desa Durungbeduk, Kecamatan Candi,” ujarnya.

Sementara di Desa Durungbanjar, yang bersebelahan dengan Desa Durungbedug, sebanyak 20 rumah dan satu bangunan sekolah dilaporkan rusak terkena terjangan hujan yang disertai angin kencang. Di Desa Keper, Kecamatan Krembung juga menyebabkan kerusakan 15 rumah, satu fasilitas umum, dan satu sekolah.

“Di desa sebelahnya, Desa Wangkal, menurut laporan yang diterima BPBD ada lima rumah warga yang rusak,” kata Dwijo.

Di samping itu, ia mengatakan, angin kencang juga menyebabkan kerusakan sembilan rumah di Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, serta satu tempat usaha di Desa Ganggangpanjang, Kecamatan Tanggulangin.(tim/say)

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :