Truk Ngeblong Terjang Parkiran Pabrik di Mojokerto, 25 Motor Karyawan Rusak

Truk kontainer berisi teh botol melompati trotoar lalu menyeruduk parkiran sepeda motor karyawan PT Rasindo dan PT Surabaya Autocomp Indonesia (SAI) di area Ngoro Industri Persada (NIP), Mojokerto. Kecelakaan itu menyebabkan sopir truk terluka dan puluhan sepeda motor milik karyawan pabrik rusak parah.

Penjaga parkir pabrik santan PT Rasindo dan PT SAI Ali Sabana mengatakan bahwa peristiwa itu terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Trailer bernopol S 9818 UN itu melaju dari selatan ke utara mengangkut teh botol PT Hon Chuan dari blok F2 nomor 1 NIP, di Dusun Sukorejo, Desa Lolawang.

Truk yang dikemudikan seorang warga Jombang bernama Lutfi itu melaju di jalan yang memiliki turunan. Meski tidak terlalu curam, jalan menurun itu cukup panjang. Hingga akhirnya, ketika mendekati pertigaan di depan parkiran sepeda motor karyawan PT Rasindo dan PT SAI, truk kontainer itu diduga mengalami rem blong.

“Posisi truk lepas kendali karena rem blong. Langsung lompat pagar saking beratnya,” kata Ali kepada wartawan di lokasi kecelakaan, Jumat (13/5/2022).

Sekadar informasi, letak parkiran sepeda motor karyawan itu lebih rendah dari trotoar jalan yang dilalui oleh truk tersebut. Ketika trailer itu mengalami rem blong, truk bermuatan kontainer isi teh botol itu tak bisa dikendalikan hingga menerjang trotoar jalan lalu melompat ke parkiran.

Seketika, sebagian bangunan parkiran yang terdiri dari kerangka bambu dan atap dari banner bekas itu ambruk. Truk kontainer itu pun menabrak puluhan sepeda motor karyawan pabrik yang terparkir hingga rusak.

Untung saja tidak ada tukang parkir yang tertabrak truk. Akibat kecelakaan itu, sopir truk tersebut Lutfi juga hanya mengalami luka ringan. Dipastikan tidak ada korban jiwa akibat peristiwa itu.

“Tadi kami hitung ada 25 motor. Sopirnya yang terluka terkena benturan, sudah dibawa ke Puskesmas Ngoro,” kata Ali.

Anggota Polsek Ngoro, Mojokerto telah datang ke lokasi untuk melakukan pengecekan. Menurutnya, puluhan sepeda motor yang rusak akan mendapatkan ganti rugi dari pihak ekspedisi atau pemilik truk kontainer.

“Pihak ekspedisi sudah komunikasi dengan pihak pemilik lahan parkir,” jelasnya.

Kapolsek Ngoro Kompol Subianto membenarkan trailer itu lepas kendali menyeruduk parkiran dan puluhan sepeda motor milik karyawan PT SAI dan PT Rasindo karena mengalami rem blong.

“Truk kontainer remnya blong sehingga tak bisa berbelok, lalu diluruskan sehingga menabrak tempat parkir karyawan pabrik,” ungkapnya.

Kasus kecelakaan ini diserahkan ke Unit Laka Satlantas Polres Mojokerto. “Kerusakan sepeda motor lebih dari 10 (unit). Kami serahkan ke lalu lintas, kami hanya menangani TKP awal,” ujarnya.(tim/Sam)

Baca juga :