Fakta-fakta Perosotan Kenpark Ambrol Pengelola Akui Hal Ini

Perosotan di Kenjeran Water Park atau yang akrab dikenal Kenpark ambrol. Beberapa bagian dari perosotan itu terlepas sehingga pengunjung yang sedang berada di dalam perosotan itu jatuh dari ketinggian dan mengalami luka-luka.

Belasan korban perosotan ambrol itu yang mayoritas adalah anak-anak mengalami luka beragam. Ada yang ringan ada pula yang cukup serius. Mereka telah ditangani di RSUD dr Soetomo dan sebagian lain di RSUD Dr Soewandhie Surabaya.

Berikut ini sejumlah fakta yang dihimpun Tim detikJatim atas peristiwa mengejutkan yang terjadi di masa libur lebaran di Surabaya pada Sabtu (7/4/2022).

1. Terjadi ketika ada ribuan pengunjung berwisata

Peristiwa yang diperkirakan terjadi antara pukul 13.00 WIB hingga pukul 13.30 WIB itu terjadi di masa libur lebaran 2022. Karena itu ada ribuan pengunjung di Kenpark ketika peristiwa tersebut terjadi.

“Pengunjung kalau hari biasa bukan hari raya seperti sekarang ya 300 sampai 400 orang, kalau ini waktu libur Lebaran bisa sampai 1.000 pengunjung,” kata Perwakilan pengelola Kenpark Surabaya Bambang Irianto, Sabtu (7/5/2022).

2. Diawali kebocoran pada perosotan

Video yang diambil salah satu pengunjung saat peristiwa itu terjadi dan didapatkan detikJatim menunjukkan ambrolnya perosotan itu diawali dengan kebocoran pada bagian perosotan paling atas sehingga air dari perosotan itu mengucur cukup deras.

Tidak berselang lama, bagian bawah perosotan itu terlepas dan jatuh. Bersamaan dengan itu, beberapa orang yang sedang berada di perosotan itu pun ikut terjatuh. “Banyak yang teriak-teriak, perosotannya terbuka dikit-dikit. Air tuh sudah seperti bocor terus patah, jatuh semua,” kata pengunjung Sari Agustini (34) warga Bulak Banteng Surabaya.

3. Korban jatuh dari ketinggian sekitar 8 meter

Detik-detik ambrolnya perosotan yang terlihat di dalam video yang diambil salah seorang pengunjung itu sangat mengerikan. Ada belasan korban yang turut terjatuh setelah bagian bawah perosotan di lokasi tertinggi itu terlepas dan ambrol.

Berdasarkan pantauan detikJatim dan informasi yang didapatkan dari salah petugas wahana di lokasi kejadian, ketinggian perosotan tersebut sekitar 8 meter. Setelah bagian perosotan itu ambrol dan jatuh ke bawah, para korban juga jatuh dari ketinggian yang sama hingga luka-luka.

4. Sebanyak 16 korban mengalami luka

Berdasarkan laporan yang masuk ke Command Center 112, ada belasan orang yang menjadi korban peristiwa mengejutkan itu. Beberapa waktu setelah melakukan penanganan, BPBD menyebutkan ada 9 orang pengunjung yang menjadi korban.

Pihak kepolisian di lokasi pun menyebutkan ada 15 orang korban dalam peristiwa yang terjadi di akhir pekan dalam masa libur lebaran itu. Data terakhir BPBD Surabaya menyebutkan, total ada sebanyak 16 korban yang mayoritas anak-anak mengalami luka akibat kejadian itu.

5. Korban patah tulang hingga cedera otak

Kepala BPBD Surabaya Ridwan Mubarun menyebutkan sejumlah korban mengalami luka-luka cukup serius. Salah satu di antaranya mengalami cedera otak sehingga harus segera mendapatkan penanganan medis di rumah sakit.

“Ada 1 anak kondisi indikasi cedera otak sedang sudah dirujuk menggunakan mobil warga umum oleh warga sekitar,” katanya, Sabtu (7/5/2022).

Sedangkan 3 anak lainnya dia sebut mengalami dugaan patah tulang tertutup. Baik di tangan hingga di kaki.

6. Pemeliharaan rutin perosotan menurut pengelola Kenpark

Pengelola mengeklaim pihaknya selalu rutin melakukan perawatan. Perwakilan pengelola Kenpark Surabaya Bambang Irianto mengatakan, perawatan wahana itu lazimnya dilakukan setiap 1 tahun sekali. Menurutnya, perawatan terakhir dilakukan 9 bulan lalu.

Dia menyebutkan dugaan bahwa perosotan itu ambrol karena kelebihan muatan. Biasanya, kata dia, pengunjung hanya dibatasi 5 orang di satu kesempatan. Tapi kali itu ada lebih dari 10 orang. Dia memastikan sudah ada petugas yang berjaga di bibir perosotan di atas maupun di kolam renang.

7. Kolam renang Kenpark Ditutup

Perosotan Kenjeran Water Park yang berada di kawasan Kenpark Surabaya ambrol menyebabkan 16 orang terluka. Setelah peristiwa tersebut pengelola menutup sementara tempat wisata tersebut.

“Mulai sore tadi termasuk besok (minggu). Ya, mulai besok juga tutup,” ujar GM Kenpark Paul Steven, Sabtu (7/5/2022). Dia masih menunggu keputusan rapat soal nasib wahana wisata lainnya.

8. Polisi melakukan investigasi

Polisi akan melakukan investigasi terkait ambrolnya perosotan di Kenpark Surabaya. Barang bukti potongan perosotan yang ambrol telah diamankan untuk keperluan tersebut.

“Barang bukti yang tampak itu potongan dari perosotan tersebut,” kata Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKP Arief Ryzki Wicaksana.(tim/Sam)

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :