Warganya Kena Musibah Kebakaran Rumah, Walkot Mojokerto Janjikan Bantuan

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari meninjau kondisi warganya yang menjadi korban kebakaran di Ketidur RT 08 RW 02, Kelurahan Surodinawan, Kecamatan Prajuritkulon. Ia juga mengunjungi Tim Tagana Kota Mojokerto yang siaga menjalankan tugas pada saat Lebaran.

Diketahui, rumah dua orang warga bernama Agus dan Siswoyo tersebut dilahap si jago merah pada Kamis (5/5) malam. Kebakaran yang masih diselidiki Polresta Mojokerto ini diduga terjadi karena korsleting aliran listrik yang membakar kasur sehingga api merembet membakar kedua rumah yang bersebelahan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Dalam kunjungannya, perempuan yang akrab disapa Ning Ita ini berupaya membesarkan hati Agus dan Siswoyo serta keluarga untuk tetap tabah dan bersabar. Ia pun berjanji akan memberikan bantuan untuk perbaikan rumah.

“Kebakaran ini adalah sebuah musibah. Dan merupakan cobaan dari Allah. Terlebih terjadinya pada saat lebaran, di mana pada umumnya semuanya anggota keluarga berkumpul untuk bersilaturahmi. Tapi alhamdulillah dalam musibah ini tidak ada korban jiwa,” tutur Ning Ita dalam keterangan tertulis, Jumat (6/5/2022).

Ia menambahkan Pemerintah Kota Mojokerto akan memberikan bantuan untuk renovasi rumah korban.

“Tadi saya melihat ada beberapa kerusakan di rumah korban. Nanti kita memberikan bantuan untuk perbaikan rumah dari Dinas Sosial, Baznas kalau kerusakan parah bisa juga dari Forum CSR,” tegasnya.

Menindaklanjuti arahan Ning Ita, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DinsosP3A) Choirul Anwar menyampaikan pihaknya memiliki anggaran untuk perbaikan rumah bagi korban bencana. Ia mengatakan bantuan tersebut akan segera diberikan apabila semuanya persyaratannya sudah terpenuhi.

“Dari APBD ada bantuan berupa material dan perlengkapan, namun jumlahnya akan disesuaikan dengan tingkat kerusakan yang ada berdasarkan hasil survei dari Dinas PUPRPRKP,” jelas Choirul.

Senada dengan Choirul, Ketua Baznas Kota Mojokerto Dwi Hariadi menyampaikan Baznas juga akan memberikan bantuan untuk perbaikan rumah bagi korban kebakaran.

“Dari Baznas nanti akan ada bantuan untuk perbaikan atap rumah yang akan rencananya dikerjakan setelah pemeriksaan dari aparat kepolisian,” ungkap Dwi.

Sebagai informasi, dalam tinjauannya ini Ning Ita turut didampingi oleh sang suami Supriyadi Karima Saiful dan Camat Prajuritkulon Mochammad Hekamarta Fanani.(tim/Sam)

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :