Hujan disertai Angin, Sejumlah Pohon di Mojokerto Tumbang Tutup Jalan Hingga Timpa Pagar Sekolah.

Hujan disertai angin kencang yang terjadi di Mojokerto menyebabkan sejumlah pohon di dua kecamatan di tumbang. Pohon tumbang sempat menutup jalan hingga menimpa pagar sekolah.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto terdapat sejumlah pohon tumbang tersapu angin, Sabtu (19/03/2022). Kali pertama pohon tumbang terjadi di Desa Kesiman Tengah, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Sebuah pohon jenis mahoni dengan diameter 20 Cm tumbang tersapu angin.

Kemudian disusul tiga pohon tumbang lainya di Kecamatan Dlanggu. Yang masing masing tersebar di Jalan A. Yani Desa Pohkecek. Dusun Sambirejo, Desa Randugenengan dan Jln Raya Segunung Desa Segunung.

Kepala BPBD Kabupaten Mojokerto Yoie Afrida Soesetyo Djati mengatakan, berdasarkan hasil asesmen petugas di lapangan, sejumlah pohon tumbang yang terjadi di dua kecamatan ini terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. Saat itu, sejumlah wilayah di Kabupaten Mojokerto tengah di guyur hujan lebat disertai angin kencang hingga membuat pohon bertumbangan.

“Untuk pohon yang tumbang rata rata memiliki diameter bervariatif, antara 20 sampai 70 cm,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, imbas dari pohon tumbang tersebut tidak sampai mengakibatkan korban jiwa, hanya saja sempat menyebabkan kemacetan, menutup jalan dan juga pagar sebuah sekolahan SD Negeri Pohkecik tertimpah.

Hingga sampai saat ini, petugas BPBD TNI/Polri, warga dan sejumlah potensi relawan Mojokerto berusaha mengevakuasi matrial pepohonan.

“Ini sudah dalam proses evakuasi oleh petugas,” tegasnya.(fad/Sam)

Baca juga :