Gara Gara Depresi, Warga Situbondo Ini Bakar Rumahnya Sendiri

Sutomo tiba-tiba saja terlihat mengambil bensin dari sepeda motornya. Ia kemudian menyiramkan bensin itu ke rumahnya sendiri lalu membakarnya hingga ludes.

Sontak peristiwa ini segera menggegerkan warga warga Desa/Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo Jawa Timur. Warga dibantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sampai kesulitan memadamkan api.

Peristiwa ini terjadi pada Selasa (23/11/2021) malam sekitar pukul 22.00 WIB. Peristiwa ini dibenarkan Pusdalops BPBD Kabupaten Situbondo Puriyono.

“Dari keterangan warga sebelum kejadian, Sutomo mengambil bensin dari sepeda motornya, kemudian menyiramkan dan membakar rumahnya sendiri. Hingga menghanguskan rumah beserta barang yang ada didalamnya,” katanya, Rabu (24/11/2021) pagi.

Lebih lanjut Puriyono menjelaskan, peristiwa kebakaran itu, pertama kali diketahui oleh beberapa orang kerabatnya. Salah satunya Jatim (55) yang rumahnya berdekatan.

“Jatim bersama kerabat lainnya melihat kobaran api dibagian tengah rumah korban. Melihat kobaran api tersebut, spontan dirinya berteriak minta tolong,” ujarnya menambahkan.

Dari teriakan tersebut, sambung Puriyono, warga sekitar langsung berdatangan ke lokasi.

“Warga berupaya memadamkan kobaran api dengan alat seadanya. Selang beberapa menit kemudian, satu unit mobil damkar milik Pemkab Situbondo tiba di lokasi. Api akhirnya berhasil dipadamkan sekira jam 23.30 WIB,” katanya.

Tidak ada korban jiwa akibat kebakaran ini, Namun rumah berukuran 4 x 8 meter rusak total dan 1 unit sepeda motor juga ikut hangus terbakar.

“Diduga sengaja dibakar oleh pemilik rumah yang mengalami gangguan jiwa (ODGJ). Akibat peristiwa ini, korban mengalami kerugian ditaksir hingga mencapai Rp. 53 juta,” ujarnya.

Berdasarkan keterangan dari pihak keluarga dan warga sekitar, pemilik rumah Sutomo, mengalami depresi dan memiliki riwayat ODGJ (Orang Diduga Gangguan Jiwa).

Saat peristiwa terjadi Sutomo langsung diamankan oleh anggota Polsek dan Koramil Bungatan, guna untuk pemeriksaan kejiwaan oleh tim medis.(tim/Sam)

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :