Wujudkan Ramadan Aman, Polres Mojokerto Terjunkan 400 Personil Untuk Aksi Nyata Mesra

Polisi meluncurkan aksi nyata dalam rangka mewujudkan masyarakat di Bumi Majapahit aman dari tindak kejahatan sekaligus penyebaran COVID-19. Aksi nyata tersebut dinamai Mojokerto Sehat dan Tertib Ramadhan (Mesra).

Informasi yang dihimpun oleh suarajawatimur.com, peluncuran Mesra sebagai program inovasi Polres Mojokerto dihadiri jajaran Forkopimda, ulama dan para pimpinan ormas Islam. Launching ditandai dengan pemukulan beduk bersama di lapangan upacara Polres Mojokerto, Jalan Gajah Mada, Kecamatan Mojosari.

Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander mengatakan Mesra digelar selama Ramadhan. Program ini mengandalkan sinergi tiga pilar desa yaitu Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan kepala desa.

“Bhabinkamtibmas kami akan bersinergi dengan Babinsa dan Kades akan memantau kegiatan di masjid-masjid dan seluruh kegiatan masyarakat,” kata Dony, Selasa (13/4/2021).

Agar berjalan maksimal di seluruh wilayah Polres Mojokerto, 400 personel polisi diterjunkan melaksanakan program Mesra. Tugas korps berseragam cokelat ini juga dibantu 200 personel TNI dari Kodim 0815 Mojokerto.

Selain menjaga keamanan, polisi, TNI dan pemerintah desa akan berkolaborasi untuk membina masyarakat agar disiplin mematuhi protokol kesehatan (prokes) selama Ramadhan. Petugas juga wajib memastikan salat tarawih di setiap masjid dan musala tidak melanggar prokes.

“Kami juga melibatkan para kiai dan alim ulama untuk memberi edukasi tambahan kepada masyarakat terkait pentingnya mematuhi prokes,” terang Dony.

Sesuai kebijakan Kementerian Agama, lanjut Dony, jumlah jemaah salat tarawih dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas masjid atau musala. Semua personil yang diterjunkan dalam program Mesra dituntut memberi solusi agar umat Islam bisa beribadah dengan aman dan nyaman.

“Untuk mengantisipasi jemaah lebih dari 50 persen, kami atasi dengan menyiapkan terpal di halaman masjid. Sehingga jemaah tetap bisa salat sambil menjaga jarak aman,” tandasnya(Mya/tim)

Redaksi : Suara Jawa Timur
Sumber : Detik.com (Naskah Berita Asli)

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :