Dipastikan Mundur, Jadwal Vaksinasi 3.123 Nakes di Kabupaten Blitar

Foto: Tangkapan Layar

Blitar – Satgas COVID-19 Kabupaten Blitar memastikan, jadwal vaksinasi bagi tenaga kesehatan (nakes) mundur. Sebab sampai hari ini Pemkab Blitar belum menerima distribusi vaksin COVID-19 dari Pemprov Jatim.

Jubir Satgas COVID-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti menjelaskan, sesuai jadwal semula, vaksinasi serentak digelar Presiden Jokowi dan pemerintah pusat hari ini, Rabu (13/1). Kamis (14/1), vaksinasi di tingkat Pemprov Jatim. Lalu Jumat (15/1) vaksinasi di tingkat kabupaten/kota se-Jatim.

“Namun sampai hari ini kami belum menerima distribusi vaksin COVID-19. Sehingga kami pastikan vaksinasi tahap pertama untuk nakes Kabupaten Blitar mundur,” kata Krisna saat dikonfirmasi, Rabu (13/1/2021).

Krisna belum mendapat informasi terbaru, kapan vaksin jatah Kabupaten Blitar akan dikirim oleh Pemprov Jatim. Informasi yang diperolehnya, justru soal berkurangnya jumlah nakes yang mendapat prioritas untuk vaksinasi COVID-19. Jika jumlah nakes yang diusulkan sebanyak 4.644, jatah yang turun dari Jatim sebanyak 3.123.

“Jadi usulan kami jumlah nakes kan 4.644. Tapi setelah data tersebut di verifikasi dan validasi pihak BPJS Kesehatan, angka yang valid menjadi 3.123 nakes,” paparnya.

Jika vaksin telah didistribusikan ke Kabupaten Blitar, maka tahap pertama akan diberikan kepada nakes. Kemudian tahap kedua kepada sebanyak 1.377 TNI-Polri. Dan tahap ketiga kepada 70 petugas Satpol PP serta 324 petugas dan pelayan masyarakat. Petugas pelayanan masyarakat ini terdiri dari petugas di terminal, damkar, PLN dan PDAM.

“Tapi jumlah itu belum melalui proses verifikasi dan validasi BPJS Kesehatan ya. Ini tadi juga ada masukan pelaku UKM masuk dalam kategori layanan masyarakat, akan jadi tambahan angka tentunya. Dan perlu dikoordinasikan bersama, atas persetujuan Pemkab Blitar,” pungkasnya.

Sumber: detik.com (naskah berita asli)

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :