Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah di Surabaya Ludes Terbakar

Situasi di lokasi kebakaran di Surabaya/Foto: Deny Prastyo Utomo

Surabaya – Empat rumah di Jalan Jati Purwo, Kelurahan Ujung, Kecamatan Semampir terbakar. Kebakaran diduga disebabkan korsleting listrik.

Dari pantauan, petugas pedaman kebakaran sempat kesulitan mencapai lokasi kebakaran. Sebab, jalan tidak terlalu besar dan banyak warga sekitar yang berhamburan keluar menuju lokasi kebakaran.

Salah seorang pemilik rumah yang terbakar, Mashud (65), warga RT 07 RW 17 mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Dua petak rumahnya hangus terbakar.

“Saat itu saya di bawah sama habis salat. Terus dikasih tahu ada kebakaran. Terus merembet ke depan,” kata Mashud kepada wartawan di lokasi kejadian, Kamis (22/10/2020).

Mashud menambahkan, akibat kebakaran, beberapa sertifikat tanah miliknya ikut hangus terbakar. Kemudian Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya Dedik Irianto mengatakan, pihaknya menerima laporan kebakaran sekitar pukul 17.03 WIB. Selanjutnya pukul 17.10 WIB, puluhan mobil Damkar tiba di lokasi untuk melakukan pemadaman.

“Sebetulnya lokasi kejadian dekat (pos pemadam kebakaran). Tapi arus lalu lintas padat, pas pulang kerja. Mobil itu stagnan tidak bisa jalan sama sekali, macet total,” kata Dedik.

Beruntung, petugas Damkar yang menggunakan sepeda motor bisa menerobos kemacetan dan melakukan pemadaman terlebih dahulu. Petugas pemadam sempat adu mulut dengan warga, karena panik ingin segera dipadamkan.

“Api pokok padam pukul 17.38 WIB. Ada empat rumah yang terbakar, tapi pemiliknya dua orang. Alhamdulillah tidak ada korban dalam kejadian ini,” ungkap Dedi.

Mengenai penyebab kebakaran, Dedik menyampaikan, dugaan awal karena korsleting listrik. “Kalau lihat posisi kebakarannya di loteng lantai dua, kemungkinan korsleting listrik,” pungkas Dedik.

Sumber: detik.com (naskah berita asli)

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :