Mobil Rombongan Pengajian Asal Bluto Sumenep Terbakar di Pamekasan, Diduga Akibat Korsleting Listrik

Mobil rombongan pengajian dari Sumenep terbakar di Jalan Raya Desa Plakpak, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan/Foto: Kuswanto Ferdian


Pamekasan – Sebuah mobil yang mengangkut rombongan pengajian asal Sumenep terbakar di pinggir Jalan Raya Plakpak, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jumat (14/8/2020) sekitar pukul 16.30 WIB.

Akibatnya, seluruh body mobil berwarna hitam ini ludes dilalap api.

Anggota Forum Relawan Penanggulangan Bencara (FRPB) Pamekasan, Mohammad Dlyaelhaq mengatakan, terbakarnya mobil tersebut disebabkan karena korsleting listrik di bagian mesin mobil.

Kata dia, sebelum mobil tersebut terbakar, dari bagian bawah mobil tampak terlihat percikan api. Namun tak berlangsung lama percikan api itu keluar, kemudian kobaran api semakin membesar dan langsung menyambar tangki bensin. Sehingga, seketika itu juga api langsung melalap semua body mobil.

“Hangus terbakar semua bodi mobilnya. Tadi saat terbakar juga terdengar ledakan. Mungkin dari tangki bensin mobil,” kata Mohammad Dlyaelhaq.

Pria yang akrab disapa Mohammad ini juga mengungkapkan, mobil yang terbakar ini dikendarai oleh rombongan warga dari Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep. Rombongan ini bermaksud menuju ke Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, Kecamatan Palengaan, Pamekasan.

Kata Mohammad, berdasarkan pengakuan sopir, mobil tersebut sempat mogok di pinggir jalan, dan disangka kehabisan bahan bakar. Saat mobil tersebut sudah diisi BBM di pinggir jalan, tiba-tiba ada percikan api yang keluar dari dalam mobil.

“Api waktu itu terlihat cepat merambat, orangnya terkejut pas isi BBM eceran langsung disambar percikan api,” ceritanya.

Mohammad juga mengutarakan, sekira beberapa menit kemudian kebakaran terjadi, mobil pemadam kebakaran tiba di TKP. Waktu itu, petugas pemadam kebakaran kata dia, langsung melakukan pemadaman api dan pembahasan.

“Beruntung tidak ada korban jiwa, hanya mobilnya hangus jadi arang terlihat setelah 30 menit disiram air oleh petugas pemadam kebakaran,” tutupnya.

Sementara itu, Riyadi warga setempat mengatakan, sebelum mobil Carry tersebut terbakar, pengemudi sempat mengisi BBM eceran di pinggir Jalan Raya Desa Plakpak.

Selepas mengisi BBM, mesin mobil tersebut tidak bisa menyala, namun saat itu pengemudi tetap memaksa untuk menghidupkan. Tak disangka, seketika keluar percikan api dari dalam mobil tersebut secara perlahan, dan tiba-tiba langsung membesar lalu membakar seluruh body mobil.

“Mobil ini mengangkut rombongan pengajian. Untung saja semua penumpang dan pengemudi bisa langsung keluar,” katanya.

Riyadi juga menceritakan, saat api sudah melalap semua body mobil, sempat terdengar ledakan. Namun, ketika api sudah berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran, kata dia kondisi mobil tampak hangus dan tinggal kerangkanya saja.

Sumber: https://surabaya.tribunnews.com/2020/08/14/mobil-rombongan-pengajian-asal-sumenep-terbakar-di-jalan-raya-plakpak-pamekasan

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :