Aglonema, Tanaman Hias Pembersih Udara

Ilustrasi. Tak hanya cantik rupanya, aglonema juga dikenal sebagai salah satu tanaman hias yang ampuh mengusir racun pada udara dalam ruang


Aglonema kini sedang mencuri perhatian banyak orang. Bentuk daunnya yang cantik dengan beragam warna membikin banyak orang kepincut pada tanaman hias satu ini.
Tapi, aglonema tak hanya cantik. Tanaman dengan sebutan lain Sri Rejeki ini juga dikenal sebagai salah satu tanaman yang punya kemampuan membersihkan udara.

Aglonema merupakan tanaman dalam ruang populer yang berasal dari keluarga Araceae. Aglonema tumbuh dengan baik di kawasan tropis, termasuk Indonesia, dengan temperatur udara sekitar 15-30 derajat Celcius.

Riset National Aeronautics and Space Administration (NASA) dan Associated Landscape Contractors of America (ALCA) menemukan beberapa tanaman yang dianggap ampuh membersihkan udara dalam ruang. Aglonema menjadi salah satu tanaman yang disebut ampuh.

Beberapa tanaman tersebut, selain ampuh dalam menyerah karbon dioksida dan memproduksi oksigen, juga ditemukan mampu menetralkan sejumlah racun di udara seperti benzene, formaldehyde, trichloroethylene, dan lainnya.

Setiap tanaman ditemukan memiliki keampuhannya masing-masing dalam mengusir racun dalam udara. Aglonema sendiri ditemukan ampuh mengusir zat kimia seperti benzene dan formaldehyde, tapi tidak dengan trichloroethylene, xylene, dan ammonia.

Benzena sendiri merupakan senyawa kimia organik yang kerap digunakan di bidang industri. Kini, turunan dari benzena bahkan kerap digunakan sebagai bahan obat-obatan, produk kecantikan, hingga makanan. Sementara formaldehyde merupakan senyawa kimia yang umum digunakan pada berbagai produk.

Baik benzena dan formaldehyde ditemukan dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Mulai dari iritasi mata, sakit kepala, hingga gangguan pernapasan.

Pada skala yang lebih parah, benzene bahkan ditemukan bersifat karsinogenik. Mengutip situs American Cancer Society, benzene dapat memicu risiko kanker darah.

Untuk itu, tempatkan aglonema di dalam salah satu sudut ruang rumah Anda. Tenang saja, mengutip Rolling Nature, aglonema tak membutuhkan pencahayaan maksimal dari paparan sinar matahari secara langsung. Tanaman yang juga dikenal dengan istilah ‘Chinese Evergreen’ ini dapat tumbuh pada pencahayaan minimal.

Selain aglonema, beberapa tanaman hias lain juga ditemukan dapat membantu membersihkan udara dalam ruang sebagaimana yang disampaikan dalam riset NASA. Beberapa di antaranya adalah tanaman lidah mertua, tanaman palem punik, tanaman peace lily, dan masih banyak lagi.

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200730154316-284-530708/aglonema-pilihan-tanaman-hias-tepat-untuk-bersihkan-udara

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :