Petasan dan Knalpot Brong, Perayaan Lebaran Ketupat di Sampang Berujung Tawuran

Pesta petasan lebaran ketupat antar pemuda di Desa Buker berakhir tawuran


Sampang – Pesta petasan pada perayaan lebaran ketupat atau dikenal dengan lebaran 7 hari setelah hari raya Idul Fitri di Desa Buker Kecamatan Jrengik, diwarnai tawuran antar pemuda, Minggu (30/5).

Pesta petasan tersebut memang biasa dilaksanakan pada lebaran ketupat, yakni H+7 Idul Fitri. Para pemuda berkumpul di satu tempat di pinggir jalan raya di Desa Buker, sambil menyulut petasan mercon.

“Ini sudah tradisi pemuda di sini mas, bila lebaran ketupat pasti bakar petasan mercon. Tak lupa, sepeda motor knalpotnya diblong, sehingga tambah bising,” terang Salam, salah satu warga yang menyaksikan kegiatan itu

Namun, pesta petasan kali ini berakhir tawuran. Sejumlah pemuda terlibat saling pukul usai menyulut petasan dan saling geber knalpot brong. Entah apa penyebab yang mengakibatkan pemuda satu kampung itu tawuran.

“Bila para remaja sudah kumpul dengan bergerembol sambil bawa sepeda motor knalpot brongnya, biasanya pasti ada gesekan dan tawuran. Sungguh kegiatan hura-hura yang sia-sia, tidak ada manfaatnya,” keluhnya.

Sumber: https://bangsaonline.com/berita/74910/perayaan-lebaran-ketupat-di-sampang-berujung-tawuran-berawal-dari-petasan

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :