Tanggul Sungai Bendo Krosok Jebol, Puluhan Rumah di Kediri Kebanjiran

Banjir merendam permukiman warga Kota Kediri/sumber: news.detik.com


Kediri – Puluhan rumah di Kediri terendam banjir. Banjir terjadi akibat hujan deras hingga membuat tanggul Sungai Bendo Krosok jebol.

Berdasar pantauan, banjir yang terjadi mengakibatkan 37 rumah di Perumahan ASABRI Desa Ngablak terendam air sungai. Petugas gabungan BPBD Kabupaten Kediri, TNI, dan Polres Kediri Kota bersiap di lokasi dan melakukan proses evakuasi jika kondisi air semakin tinggi.

Kapolres Kediri Kota AKBP Miko Indrayana yang datang langsung ke lokasi banjir mengatakan banjir berawal saat hujan deras turun 2 jam. Hujan tersebut membuat tanggul Sungai Bendo Krosok jebol.

Air pun langsung menggenangi permukiman warga dengan ketinggian air sekitar 50 cm atau setinggi lutut orang dewasa. Bagi rumah yang letaknya agak tinggi, air belum masuk ke rumah. Tetapi rumah yang letaknya lebih rendah dari jalan, maka air menggenangi dalam rumah.

“Jadi banjir ini akibat hujan deras yang membuat debit sungai menjadi tinggi dan deras. Akhirnya tanggul Sungai Bendo Krosok jebol. Ada perumahan warga terendam, lahan tebu juga ada,” jelas Miko, Senin (11/5/2020).

Guna mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan, pasukan gabungan Babinsa Kodim 0809, Polres Kediri Kota, BPBD Kabupaten Kediri masih bersiaga di lokasi.

“Kami masih bersiaga di lokasi, ada Bhabinkamtibmas, Babinsa, BPBD Kabupaten Kediri, Jika membutuhkan proses evakuasi warga dan lokasi persiapan pengungsian. Namun sementara tidak perlu, karena air sudah berangsur surut ” imbuh Miko.

Sumber: https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5010926/puluhan-rumah-di-kota-kediri-kebanjiran-setelah-tanggul-sungai-jebol

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :