Tertular Suami PDP, Istri Penjual Es Keliling di Jombang Positif Covid-19

Jubir Penanganan COVID-19 Kabupaten Jombang Budi Winarno/sumber: https://news.detik.com


Istri penjual es keliling asal Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang dinyatakan positif Corona. Perempuan 56 tahun itu disebut tertular COVID-19 dari suaminya. Namun, status si suami tetap pasien dalam pengawasan (PDP).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Jombang Budi Winarno mengatakan, istri penjual es keliling itu dinyatakan positif Corona berdasarkan hasil tes swab yang keluar pagi tadi. Sehingga pasien yang selama ini karantina mandiri di rumah, dijemput petugas untuk diisolasi di RSUD Jombang.

“Dia terpapar dari suaminya yang telah meninggal sebelumnya. Harapan kami tidak ada lagi transmisi lokal di Kabupaten Jombang,” kata Budi kepada wartawan di media center Pemkab Jombang, Jalan KH Wahid Hasyim, Sabtu (2/5/2020).

Kini perempuan 56 tahun itu diisolasi di RSUD Jombang sambil menunggu tes swab kedua. Pasien akan dites swab untuk kedua kalinya besok, Minggu (3/5).

“Kondisi pasien juga kami pantau selama 14 hari ke depan. Semoga kesehatannya membaik,” ujar Budi.

Suami pasien positif Corona asal Kecamatan Peterongan ini meninggal dunia saat diisolasi di RSUD Jombang, Sabtu (18/4) sekitar pukul 02.00 WIB. Penjual es keliling berusia 55 tahun itu dinyatakan sebagai PDP terkait Corona.

Karena hasil rapid test reaktif serta didiagnosa menderita TBC. Sayangnya, pasien meninggal dunia sebelum menjalani tes swab. Tim tracing saat itu lantas melakukan tes swab dan rapid test terhadap keluarga PDP tersebut. Hasilnya, hanya istrinya yang dinyatakan positif COVID-19.

“Keluarga pasien tentu semuanya sudah rapid test dan tes swab. Yang terkonfirmasi hanya istri PDP yang meninggal, lainnya tidak. Sehingga keluarganya sudah tidak masalah,” terang Budi.

Kendati perempuan 56 tahun itu dinyatakan tertular virus Corona dari suaminya, Budi memastikan status si suami tetap PDP. Dia berdalih karena penjual es keliling itu tidak sempat menjalani tes swab.

“Suaminya statusnya tetap PDP karena belum sempat diambil swab. Sehingga data terkonfirmasinya belum ada. Kami masukkan PDP walupun berdasarkan rapid test reaktif,” kilahnya.

Istri penjual es keliling ini menjadi pasien positif Corona kedelapan di Kabupaten Jombang. Tujuh pasien lainnya yaitu perempuan 55 tahun asal Kecamatan Jombang, perempuan 51 tahun asal Ploso, pria 50-60 tahun asal Jombang, perempuan 42 tahun asal Diwek, pria 45 tahun asal Bandar Kedungmulyo, pria 53 tahun asal Diwek, serta pria 58 tahun asal Kecamatan Diwek.

Budi menambahkan, terdapat satu pasien positif Corona yang dinyatakan sembuh. Yakni pria 58 tahun asal Kecamatan Diwek.

“Hasil swab kedua pasien keluar negatif. Yang bersangkutan kami nyatakan sembuh,” tandasnya.

Sumber: https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4999933/istri-penjual-es-keliling-di-jombang-positif-corona-tertular-suami-yang-pdp

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :