Jelang Ramadhan, Kementerian Agama Minta Masyarakat Tak Ziarah Kubur

Sudah menjadi Kebiasaan bagi umat muslim di Indonesia, jelang datangnya Bulan Suci Ramadhan 1441 Hijriah. Mereka akan melakukan ziarah kubur. Namun tahun ini ada yang berbeda karen kita sedang dilanda Pandemi Corona.

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi meminta masyarakat tidak melakukan ziarah kubur menjelang puasa. Permintaan itu seiring dengan pandemi virus Corona (COVID-19) yang belum mereda di Indonesia.

“Mengingat pandemi wabah COVID-19 sampai bulan Ramadhan kemungkinan besar belum mereda, sebaiknya agenda ziarah kubur ditiadakan dan diganti dengan berdoa dari rumah masing-masing. Insyaallah nilai pahalanya tidak berkurang sedikit pun,” ujar Zainut dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (18/4/2020).

Zainut mengatakan ziarah kubur memiliki keutamaan yang baik, khususnya sebagai pengingat kematian. Menurutnya, waktu untuk berziarah kubur bisa dilaksanakan kapan saja.
Detik.com/link berita asli
“Ziarah kubur waktunya boleh setiap saat. Namun saat menjelang bulan puasa memiliki makna yang sangat istimewa, karena bulan Sya’ban memiliki nilai keutamaan dibandingkan bulan lainnya,” pungkasnya.(tim/spo)

Redaksi : Suara Jawa Timur
Sumber :

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :