Dinyatakan Sembuh, Pasien Positif Covid-19 di Lumajang Meninggal Dunia saat Karantina Mandiri

Seorang pasien positif corona atau Covid-19 di Lumajang berinisial AZ telah dinyatakan sembuh dari virus corona. Namun, dia justru meninggal dunia saat karantina mandiri.

Informasi yang dihimpun suarajawatimur.com, pasien tersebut meninggal pada Jumat (17/4/2020) atau dua hari setelah dinyatakan sembuh.

Kabar meninggalnya pasien tersebut disampaikan Bupati Lumajang Thoriqul Haq yang mengaku mendapat informasi dari timnya dan sudah dikonfirmasi ke Camat.

“Saya barusan mendapatkan kabar dari teman-teman yang ada di Banyuputih Lor, Kecamatan Randuagung, dan saya konfirmasi kepada Pak Camat terkait kabar meninggal AZ,” kata Thoriq di Kantor Bupati Lumajang, seperti dilansir Antara, Jumat (17/4/2020).

Bupari juga mengatakan, sebelumnya AZ dirawat di ruang isolasi RSUD dr Haryoto selama 14 hari. Selama dirawat di ruang isolasi, AZ tak menunjukkan gejala apa pun.

AZ disebut dalam kondisi sehat selama menjalani perawatan di ruang isolasi. Ia dinyatakan sembuh dari virus corona setelah mengikuti dua kali tes swab dan dinyatakan negatif Covid-19.

Saat diizinkan pulang, AZ diminta menjalani karantina mandiri selama satu minggu. “Dari dua kali swab dengan hasil negatif tersebut dapat dinyatakan sembuh dan bisa dipulangkan dengan prosedur karantina mandiri selama seminggu. Tentu, seluruh ikhtiar dan tahapan prosedur telah dilakukan,” ujarnya.

Thoriq turut berduka atas meninggalnya AZ. Ia tak menjelaskan penyebab meninggalnya AZ dan prosedur pemakaman jenazah.

Menurut dia, Pemkab Lumajang akan melakukan langkah terbaik untuk menghormati jenazah Thoriq dalam proses pemakaman.

“Saya menyampaikan dukacita yang mendalam atas meninggalnya AZ. Kami semua turut berduka dan berbelasungkawa, kami semua ikut bersedih dan saya yakin almarhum AZ dalam keadaan husnul khotimah,” tuturnya.

Pemkab Lumajang akan berkonsultasi dengan Pemprov Jatim dan Kementerian Kesehatan terkait kejadian ini. “Yang terbaik hari ini adalah melakukan pencegahan dengan menggunakan masker, cuci tangan, berada di rumah, jaga jarak, hidup bersih, jaga imunitas, dan jaga kesehatan,” pungkasnya.(tim/spo)

Redaksi : Suara Jawa Timur
Sumber : Kompas.com/link berita asli

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :