Ada 184 Warga yang Kontak dengan Pasien Positif Covid-19 di Nganjuk

Sumber : detik.com


Nganjuk merupakan salah satu zona merah corona di Jatim dengan 4 pasien positif, 17 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan 27 Orang Dalam Pemantauan (ODP). Hasil tracking oleh tim gugus tugas covid-19 kabupaten Nganjuk, terdapat 184 warga menjadi terdampak setelah kontak dengan pasien positif.

“Ada 184 total yang sudah kontak dengan pasien positiif dari hasil tracking,” Terang Jubir Gugus Tugas Covid-19 Nganjuk dr Hendriyanto, saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu, (4/4/2020).

Dari 184 warga yang kontak dengan pasien positif Corona covid-19 itu oleh Pemkab Nganjuk tidak dimasukkan daftar orang dalam resiko (ODP). Namun mereka masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG).

“Mereka bukan ODP namun OTG atau orang tanpa gejala. Artinya dia tidak ada keluhan atau gejala tapi riwayat kontak dengan pasien positif covid-19,” katanya.

Hendri mengatakan 184 orang tersebut tersebar di 4 kecamatan. Saat ini ratusan warga hasil tracking tersebut melakukan isolasi mandiri.

“Sudah kami lakukan di 4 kecamatan (tracking), kami identifikasi terutama dari kontak erat keluarga yang positif. Ada karyawan puskesmas dan jemaah masjid serta musala,” paparnya.

Hendri menambahkan rincian 184 warga yang kontak dengan pasien positif covid-19, yakni Kecamatan Baron 32 orang, Prambon 39 orang, Patianrowo 34 orang, dan Gondang 79 orang. Meski bukan dari status ODP, 184 orang tersebut tetap dilakukan pemantauan oleh tim kesehatan.

Data yang dihimpun, laporan Kumulatif tim gugus tugas covid-19 Nganjuk per 03 Maret 2020 terdapat ODP 29, PDP 17 dan positif covid-19 4 orang. Keempat pasien positif dirawat di RSUD Nganjuk dan RS Bhayangkara.

Sumber : detik.com

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :