Kontrol Diabetes, Cegah Kanker dengan Biji Nangka


Nangka atau dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan sebutan jackfruit adalah salah satu buah tropis yang banyak tumbuh di pekarangan rumah.

Buah nangka kaya akan nutrisi dan banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Namun tak hanya daging buahnya, biji nangka juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Biji nangka, atau yang sering dikenal sebagai “beton“, dapat direbus dan dimakan sebagai sumber karbohidrat tambahan. Tapi tidak banyak orang yang mau memanfaatkanya.

Berikut adalah beberapa manfaat biji nangka untuk kesehatan dan kecantikan yang jarang diketahui kebanyakan orang.

1. Mengontrol Diabetes
Biji nangka memiliki senyawa yang bersifat anti-diabetik dan dipercaya efektif mengatasi penyakit diabetes. Senyawa tersebut akan mengurangi kadar gula darah dengan sangat signifikan.

2. Mencegah Kanker
Biji nangka mengandung senyawa seperti antioksidan yang bermanfaat mencegah kanker. Selain itu, biji nangka juga mampu menurunkan risiko kanker payudara pada wanita.

3. Mengatasi Anemia
Kadar zat besi dalam biji nagka juga mampu mencegah dan mengatasi anemia sekaligus mencegah beberapa penyakit yang berhubungan dengan darah. Sebab, kandungan zat besi dalam biji nangka mampu melawan gejala anemia seperti mudah lemah.

4. Mengurangi Risiko Diare
Ekstrak biji nangka memiliki sifat anti-mikroba yang akan menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus aereus.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan
Biji nangka juga mengandung nutrisi dan memperlancar pencernaan. Serat dalam biji nangka juga bisa menimbulkan rasa kenyang lebih lama dan dapat mencegah sembelit atau konstipasi.

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut
Tingginya kadar antioksidan yang terkandung dalam biji nangka, membuatnya dapat memperbaiki kesehatan dan kecantikan kulit. Serta mampu meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi ketombe, serta mengendalikan uban yang keluar terlalu dini.

Sumber : bola.com

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :