Mungkinkah Virus Corona Bisa Menular dari Bungkus Paket Belanja Online?, Ini Kata Pakar Kesehatan

Peyebaran virus Corona memang kini sangat ditakuti masyarakat, karena penularannya sangat mudah. Bahkan, pemerintah mengimbau warga agar sebisa mungkin semua dilakukan di rumah, dan dilakukan secara online.

Lalu, bagaimana kalau kota berbelanja online. Apakah pembungkus paketan itu bisa menularkan Covid-19 ?

Banyak yang masih khawatir Covid-19 ini bisa menempel di pembungkus paketan dan mereka yang menerima bisa terkontaminasi virus corona. Mungkinkah bisa seperti itu ?

Nah, mengutip dari Business Insider, bukan berarti tidak bisa terkontaminasi. Namun kecil kemungkinannya kita dapat terinfeksi virus corona dari kardus pembungkus paket yang dikirim.

Karena, virus corona tak dapat hidup untuk waktu yang lama di permukaan keras. Virus ini menyebar ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, kemudian menyebarkan tetesan yang mengandung virus ke orang lain.

Para ahli kesehatan menyatakan, risikonya sangat kecil virus corona bisa menyebar melalui pembungkus paket yang diantar ke rumah.

“Jika ada transmisi melalui paket, kita akan melihat penyebaran global langsung dari China pada awal wabah. Kami tidak melihat hal itu dan karena itu saya pikir risikonya sangat rendah.” kata Elizabeth McGraw, direktur Pusat Penyakit Infeksi Menular di Pennsylvania State University.

Sementara Rachel Graham, seorang ahli epidemiologi di University of North Carolina mengatakan, jika ingin ekstra hati-hati, sebaiknya semua paketan yang diterim bisa dibersihkan terlebih dahulu.

Sementara sebuah studi baru dari National Institutes of Health menemukan, virus corona dapat bertahan hingga tiga hari pada plastik dan baja, dan 24 jam di atas kertas karton.

Studi yang dilakukan pada 1 Maret di Journal of Hospital Infection menemukan, virus corona dapat bertahan hingga empat hari pada kayu dan kaca, serta hingga lima hari pada logam, plastik, dan keramik pada suhu 20 derajat Celsius.

Artinya, waktu lama bertahannya virus Corona sangat dipengaruhi oleh suhu dan kelembaban serta sifat permukaan yang berpori seperti kardus, uang kertas, dan kain.

Kondisi cuaca dan lama pengiriman inilah yang mempersulit virus corona untuk bertahan hidup. Namun, tidak ada salahnya ketika menerima paketan online siapkan hand sanitizer atau bersihkan paketan dengan alkohol. Hal itu akan membuat jauh lebuh aman.(tim/spo)

Redaksi : Suara Jawa Timur

Baca juga :