Dampak Corona, Wisata Jatim Park Batu Tutup Selama 1 Bulan

Wabah virus Corona sudah masuk ke Jawa Timur, dan enam orang sudah dinyatakan positif. Angka ini tentunya berpotensi untuk terus bertambah sehingga semua tempat keramaian diimbau untuk tutup.

Informasi yang dihimpun suarajawatimur.com, pengelola destinasi wisata Jawa Timur Park Group juga menutup sementara seluruh wahana wisata untuk mengantisipasi penyebaran virus corona baru atau COVID-19.

Suryo Widodo, Direktur Jatim Park 3 mengatakan, penutupan seluruh wahana ini berlaku mulai Jumat, 20 Maret hingga Senin, 20 April 2020. Setelah ada imbauan dari Pemkot Batu terkait pencegahan penyebaran COVID-19.

Suryo Widodo juga mengatakan, pihaknya akan terus memantau perkembangan dan kondisi secara nasional terkait wabah virus corona dan berharap semoga kondisi ini cepat berlalu.

Sementara selama tidak beroperasi, secara otimatis pengelola Jatim Park Group berpotensi mengalami kerugian yang cukup besar akibat dampak wabah corona ini.

Diantaranya, biaya yang tetap harus dikeluarkan selama penutupan, seperti gaji karyawan, biaya makanan dan pemeliharaan satwa, listrik, termasuk membayar bunga pada sektor perbankan.

Menurut Suryo, pihaknya masih menghitung total potensi kerugian yang harus ditanggung Jatim Park Group. “Kami masih menghitung potensi kerugian,” kata Suryo kepada wartawan.

Sekedar informasi, Jatim Park Group mengelola Beberapa destinasi wisata edukasi di Kota Batu, Jawa Timur yang memiliki 13 wahana dengan jumlah karyawan sebanyak 5.000 orang.

Kunjungan wisatawan di Jatim Park Group setiap tahunnya mencapai 2,5 juta pengunjung.(tim/spo)

Redaksi : Suara Jawa Timur

Baca juga :