Pj Bupati Wacanakan Opsi Relokasi untuk 10 Rumah Terdampak Bencana Tanah Gerak di Wonosalam Jombang

Pj Bupati Jombang Sugiat mewacanakan relokasi warga terdampak bencana tanah gerak di di Dukuh Sumberlamong, Dusun Jumok, Desa Sambirejo, Kecamatan Wonosalam Jombang.

Opsi relokasi untuk warga terdampak bencana tanah gerak di Wonosalam Jombang itu, disampaikan Pj Bupati Jombang saat melakukan kunjungan ke lokasi bencana (8/3) siang.

”Terkait tanah gerak nanti kita evaluasi lagi, jika memang tanah itu berbahaya dan tidak bisa ditempati maka kita lakukan relokasi,” ujar Pj Bupati Jombang Sugiat.

Didampingi istri tercinta Yayuk Sugiat dan sejumlah kepala OPD, ia menyapa warga dan menyampaikan duka atas bencana yang terjadi. Ia juga meninjau posko dan dapur umum di lokasi dan menyerahkan bantuan kepada warga terdampak bencana tanah gerak di Wonosalam Jombang.

Mengenai tindaklanjut penanganan bencana tanah gerak, Pj Bupati Sugiat akan melakukan beberapa langkah. Salah satunya relokasi warga ke lahan yang lebih aman. Dijelaskan, opsi relokasi akibat tanah gerak yang dilakukan memang bukan perkara mudah.

Namun demikian, keselamatan warga adalah prioritas utama. Untuk itu diperlukan komunikasi yang baik antara pemangku kepentingan, pemerintah dengan warga. Pihaknya, juga akan segera berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Koordinasi itu berkaitan dengan penyediaan lahan relokasi. ”Saya sudah komunikasikan bersama BNPB, saya minta bantuan untuk menyelesaikan masalah ini,’’ tegas Sugiat.

Sumber: www.radarjombang.com

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :