Tumpeng Tempe Setinggi 12 Meter Di Krian Sidoarjo

Sidoarjo – Jelang ramadan warga Desa Sedengan Mijen, Kecamatan Krian, Sidoarjo, menggelar ritual ruwat desa. Mereka membuat tumpeng raksasa setinggi 12 meter terbuat dari tempe.
Pantauan detikJatim di lokasi ritual ruwat desa di depan Balai Desa Sedengan Mijen, bahwa tumpeng raksasa setinggi 12 meter itu terbuat dari tempe. Setelah pihak panitia ritual membacakan doa, tumpeng raksasa tersebut menjadi rebutan warga yang hadir.

“Ritual ruwat desa ini dilaksanakan rutin tiap tahun tahun menjelang bulan suci Ramadhan. Dengan menggelar tumpeng raksasa yang terbuat dari tempe,” kata Hasanuddin di lokasi ruwatan, Minggu (3/3/2024).

“Tumpeng raksasa dari tempe setinggi 12 meter ini membutuhkan kedelai 75 kwintal. Semoga tumpeng raksasa yang terbuat dari tempe ini menjadi ikon Kabupaten Sidoarjo,” jelas Hasanuddin

“Warga membuat kerangka dari bambu membutuhkan waktu sampai 3 hari. Sedangkan membuat kerangka tumpeng dari besi untuk menempelkan tempe-tempe tersebut hanya butuh waktu tidak ada 24 jam,” tandasnya.

“Merasa terhibur meski tidak mendapat tempe, kami sekeluarga bangga dengan ritual ruwat desi ini, semoga kegiatan ini menjadi ikon tersendiri dari Desa Sendengan Mijen,” kata Tutik.

Sumber;www.detik.com

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :