Fenomena hujan es di Sidoarjo

Sidoarjo – Fenomena hujan es terjadi di beberapa kawasan Sidoarjo. Fenomena hujan es di Perum Pondok Jati, Taman Pinang dan Jalan Gajah Kelurahan Magersari.
BMKG Juanda menjelaskan fenomena hujan es ini akibat awan cumulonimbus yang mempengaruhi terbentuknya kristal-kristal es. Dari analisa BMKG, saat hujan tadi sore ketinggian awan cumulonimbus ini mencapai lebih dari 8 Km.

“Berdasarkan analisa radar BMKG Juanda terpantau ketinggian awan CB atau cumulonimbus saat kejadian hujan es mencapai lebih dari 8 km. Awan CB yang menjulang tinggi ini memungkinkan terbentuknya kristal-kristal es di puncak awan yang dapat turun menjadi hujan es,” tutur Kepala BMKG Juanda Taufiq Hermawan dalam keterangan yang diterima detikJatim

Sebelumnya, dari keterangan warga, hujan es ini terjadi selama 10 menit tadi sore sekitar pukul 15.00 WIB.

“Barusan terjadi hujan es, sekitar 10 menit. Suaranya klotak-klotak,” kata warga Gajah Magersari RT 18 RW 6 saat dikonfirmasi detikJatim di lokasi.

Cuaca ekstrem ini menyebabkan pohon tumbang, banjir dan rumah, fasilitas umum dan mal rusak. Salah satunya kaca-kaca di Lippo Plaza Sidoarjo pecah-pecah terdampak hujan disertai angin kencang.
Sumber;www.detik.com

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :