Kronologi Saraf Retina Anak Polisi Jombang Rusak Kena Pecahan Gagang Sapu

Jombang – Anak anggota Polsek Peterongan, Jombang menderita kerusakan saraf retina mata sisi kanan hingga mengalami glaukoma. Mata Siswa kelas 4 SD Plus Darul Ulum itu terhantam pecahan kayu gagang sapu saat sedang melihat temannya bermain kartu di dalam kelas. Seperti apa cerita lengkapnya?
Insiden itu terjadi di ruang kelas 4 SD Plus Darul Ulum, Jalan Sultan Agung, Kelurahan Jelakombo, Kecamatan/Kabupaten Jombang pada 9 Januari 2024 sekitar pukul 11.00 WIB. Di jam kosong mata pelajaran Diniyah itu sebagian siswa bermain di luar ruang kelas, ada pula yang beraktivitas di dalam kelas.

Menurut Ibu Korban, EW (44), putranya saat itu di dalam kelas menyaksikan beberapa temannya bermain kartu. Di lokasi yang sama teman sekelas korban yakni DF dan AGA (10) bermain memukul bola plastik dengan gagang sapu.
Insiden itu terjadi ketika AGA sedang memukul bola plastik di lantai layaknya sedang bermain golf. Namun, gagang sapu itu patah karena menghantam lantai ruang kelas.

“Anak saya nonton beberapa temannya main kartu. Pas kepalanya menoleh, ada potongan kayu melayang ke mata kanannya. Karena gagang sapu patah karena kejedok lantai. Anak saya langsung terduduk menahan sakit, lalu pingsan,” terangnya kepada wartawan, Senin (19/2/2024).

Hantaman potongan gagang sapu itu, lanjut EW, membuat mata kanan putranya berdarah. Siang itu juga korban dibopong teman-temannya dari ruang kelas 4 di lantai 2 ke unit kesehatan sekolah (UKS) di lantai 1. Namun, hingga jam pulang sekolah EW mengaku tidak dihubungi pihak sekolah sama sekali.

“Kata wali kelasnya, Bu Desi, matanya (korban) berdarah, diobati pakai betadine dan minyak kayu putih. Kemudian disuruh tidur. Karena wali kelas keburu dipanggil kepala sekolah ke ruangan, tidak sempat menghubungi saya,” ujarnya.

Tiba jam pulang sekolah pukul 12.30 WIB, EW meminta bantuan teman kerjanya untuk menjemput putranya. Saat itulah warga Kecamatan Jombang ini baru tahu kalau putranya mengalami insiden. Diantar sopir, ia bergegas menjemput putranya yang kesakitan di ruang UKS SD Plus Darul Ulum.

Selanjutnya, EW melarikan putranya ke IGD RSUD Jombang. Ia juga menghubungi suaminya yang berdinas di Polsek Peterongan untuk menyusulnya ke rumah sakit. Dokter umum yang memeriksa korban mendapati mata kanan bocah 10 tahun itu bengkak, bagian hitam membesar, dan terjadi pendarahan di bola mata.

“Dokter umum tidak berani memberi tindakan karena di area mata. Selama di IGD, anak saya mengeluh kesakitan, tidak kuat duduk, matanya sakit dan kepalanya pusing. Ditangani dokter spesialis mata sekitar pukul 15.30 WIB. Pandangannya sudah gelap waktu mata kirinya ditutup. Mama di mana, mama di mana, padahal saya di sebelahnya,” ungkapnya.

Sumber : www.kronologisarafanakJombang.com

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :