Dua Oknum Wartawan Tertangkap OTT saat Peras Sekdes di Jombang

Operasi tangkap tangan (OTT) Timsus Rajawali Unit Resmob Polres Jombang terhadap tiga orang yang bekerja sebagai wartawan terjadi saat mereka memeras Sekdes Mejoyolosari. Kedua pelaku mengaku telah melakukan tindakan serupa beberapa kali sebelumnya di desa berbeda.

Atho Urohmam (27), yang mengaku sebagai wartawan Aneka Fakta, berasal dari Desa Banyuarang, Ngoro, Jombang; Sugiono Prasetyo (26), yang mengaku sebagai wartawan Buser Jatim, berasal dari Desa Japanan, Gudo, Jombang, dan Bima Arbian, adalah ketiga pelaku.

Atho dan Sugiono adalah dua dari tiga yang ditangkap atas tuduhan pemerasan. Karena Bima tidak tahu apa-apa karena dia hanya diajak oleh kedua tersangka. Selain itu, barang bukti yang disita dari pelaku adalah dua bendel dokumen, “Desa Antikorupsi” dan “Laporan Hasil Temuan”.

Kasat Reskrim Polres Jombang AKP Sukaca mengatakan, OTT tersebut terjadi di Balai Desa Mejoyolosari, Mojowarno pada Rabu (14/11) sekitar pukul 12.15 WIB. Ketika itu, Timsus Rajawali meringkus 3 orang yang mengaku wartawan sedang memeras Sekdes Mejoyolosari, Hanif.

“Para pelaku memeras perangkat Desa Mejoyolosari dengan mengaku wartawan. Mereka meminta sejumlah uang agar tidak memberitakan proyek yang ditangani desa,” terangnya kepada detikJatim, Kamis (16/11/2023).

Menurut Sukaca, Atho dan Sugiono menggunakan 2 dokumen tersebut untuk memeras Sekdes Mejoyolosari. Kepada korban, kedua tersangka meminta uang Rp 2,5 juta. Jika tidak, mereka mengancam akan menulis berita negatif tentang proyek di desa tersebut.

“Kedua tersangka mengancam menyebarkan berita negatif tentang desa tersebut. Mereka meminta uang kepada korban Rp 2,5 juta agar berita tersebut tidak disebar,” jelasnya.

Korban akhirnya memberikan uang yang diminta Atho dan Sugiono. Timsus Rajawali Unit Resmob Satreskrim Polres Jombang meringkus tiga oknum wartawan itu di tempat parkir Kantor Desa Mejoyolosari. Ketika itu, mereka akan meninggalkan lokasi setelah menerima uang dari korban.

Dalam OTT ini, polisi menyita barang bukti uang tunai Rp 2,5 juta, 2 kartu pengenal wartawan milik Atho dan Sugiono, 2 sepeda motor pelaku, 1 ponsel milik pelaku, 2 bendel dokumen, serta bukti percakapan pelaku dengan korban di WhatsApp.

“Kedua tersangka kami kenakan tindak pidana pemerasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 368 ayat (1) KUHP,” tegas Sukaca.

Usut punya usut, ternyata Atho dan Sugiono sudah beberapa kali memeras pemerintah desa di Jombang dengan modus yang sama. Antara lain di Desa Grobogan, Ringinpitu dan Rejoslamet, Kecamatan Mojowarno.

“Informasi dari masyarakat, mereka juga beraksi di sejumlah desa wilayah Kecamatan Mojoagung,” tandas Sukaca. (dtj/ram)

Baca juga :