Harga Cabai Sudah Naik ke Rp 80 Ribu per Kg menjelang puasa

Memasuki minggu pertama di Maret 2023, Salah satu bahan pangan yang mengalami kenaikan harga drastis adalah cabai.

Memasuki minggu pertama di Maret 2023, harga bahan pangan mulai berangsur naik untuk beberapa jenis. Tidak hanya disebabkan permintaan yang tinggi jelang Ramadan, cuaca ternyata menjadi salah satu faktor naiknya harga bahan pokok di pasar tradisional.

Salah satu bahan pangan yang mengalami kenaikan harga drastis adalah cabai, terutama cabai rawit merah yang mencapai Rp 80.000 per kilogram (kg) pada Jumat (3/3/2023) setelah sebelumnya sekitar Rp 50.000 per kg.

Selain itu, bahan pokok dengan kenaikan harga drastis lainnya adalah bawang merah dariRp 25.000 per kg menjadi sekitar Rp 40.000 per kg. Sayuran hijau juga mengalami kenaikan harga, seperti labu siam dari sekitar Rp 30 ribu per kg menjadi Rp 70 ribu per kg.

Curah hujan tinggi di Jabodetabek sejak bulan Februari menjadi penyebab banyaknya bahan pangan yang basah dan berakhir menjadi busuk atau rusak. Ini menyebabkan modal pedagang menjadi tinggi dan harus menjual dengan harga yang lebih tinggi jika ingin tetap mendapat untung.

Para pedagang pun mengaku kerap mendapat komplain dari pembeli karena harga yang tinggi ini. Hal tersebut sekaligus membuat pendapatan mereka jadi tak menentu.

“Ya ngaruh juga sih (ke pendapatan), biasanya kan langganan taunya (harga) segini, sekarang naik pada kaget semua kok naiknya tinggi amat. Ya kita mana tau ‘kan dari sana belanjanya kalo di sana turun ya di sini ikut turun.” jelas Harya (27) kepada Liputan6.com saat ditemui di Pasar Laris, Kota Tangerang, Jumat (3/3/2023).

Tomat Turun
Ketika harga bahan pangan lainnya berangur naik, harga tomat justru mulai turun di kisaran Rp 8.000 setelah sebelumnya mencapai Rp 20.000.

Hal ini juga sejalan dengan harga telur yang tidak mengalami peningkatan, masih berada di kisaran 26-27ribu rupiah karena masih berlimpahnya stok pasokan telur.

Di sisi lain, harga daging pun menjadi tinggi. Hal ini murni disebabkan karena persiapan menuju awal puasa.

Daging ayam yang normalnya berada di kisaran harga Rp 50.000 untuk ukuran sedang, kini naik dengan selisih Rp 5.000.

Begitu pula untuk ayam ukuran besar yang mencapai Rp 60.000, tetapi para pedagang belum bisa memastikan terkait perkembangan harga ke depannya.

Selain itu, daging sapi berada di kisaran harga Rp 140.000 sampai Rp 160.000 dan sudah mulai memiliki peningkatan peminat menjelang puasa.

Sumber : Liputan 6.com

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :