Taman Rekreasi Selecta, Wisata Lengkap Untuk Keluarga di Kota Batu

Taman Rekreasi Selecta Malang () adalah salah satu tempat rekreasi yang sudah ada sejak lama di Batu Malang, Indonesia. Tempat wisata ini pertama kali dibangun pada tahun 1920 oleh pemerintah Belanda sebagai tempat peristirahatan.

Usai pembangunan rampung pada 1928, nama Selecta pun dipilih. Nama ini berasal dari bahasa Belanda, yaitu “Selectie”, yang berarti pilihan. Dengan nama tersebut, diharapkan bahwa Selecta akan menjadi tempat pilihan yang indah dan ramai dikunjungi oleh orang.

Pada awalnya, kawasan Selecta hanya diperuntukan bagi orang Belanda saja, tetapi setelah kemerdekaan Indonesia pada tanggal 19 Januari 1950, tempat wisata ini dibuka untuk umum setelah selesai dibangun kembali.

Presiden Ir. Soekarno dan Bung Hatta pernah berkunjung ke Selecta Malang pada tahun 1955 dan 1956. Luas kawasan Selecta adalah sekitar 18 hektar dan terbagi menjadi beberapa area. Area terluas adalah taman bunga dengan luas 10 hektar yang ditanami dengan berbagai jenis tanaman hias warna-warni.

Wahana di Taman Rekreasi Selecta Batu
Taman Rekreasi Selecta menyediakan berbagai wahana permainan yang menyenangkan untuk anak-anak maupun orang dewasa. Ada wahana permainan air seperti kolam renang, arung jeram, dan air slide yang bisa membuat Anda bermain-main dengan air dan menikmati sensasi yang seru.

Selain itu, terdapat juga wahana permainan lain seperti roller coaster, flying fox, dan wahana perosotan yang bisa memacu adrenalin Anda. Anda juga bisa berjalan-jalan di taman yang hijau dan sejuk, atau duduk-duduk di gazebo sambil menikmati pemandangan yang indah.

1. Kolam Renang di Selecta

Taman rekreasi di Selecta, Malang, Indonesia memiliki kolam renang yang tersedia bagi wisatawan atau pengunjung yang ingin berenang atau bersantai di tepi kolam. Kolam renang di taman rekreasi Selecta mungkin memiliki kedalaman hinigga 4 meter untuk dewasa. Namun juga tersedia kolam untuk anak-anak.

Beberapa taman rekreasi memang memiliki kolam renang yang lebih kecil untuk anak-anak, sementara yang lain mungkin memiliki kolam renang yang lebih besar untuk orang dewasa. Kolam renang di taman rekreasi Selecta juga menyediakan fasilitas tambahan seperti menara seluncuran air, ban renang, atau pelampung untuk menambah kesenangan bagi pengunjung.

2. Taman Bunga Selecta

Taman bunga Selecta adalah tempat yang penuh dengan warna-warna cerah dan indah dari berbagai jenis bunga yang tumbuh di sana. Keindahan taman bunga di Selecta terdiri dari berbagai jenis bunga yang tumbuh di sana, seperti mawar, anggrek, atau bunga matahari.

Taman bunga juga mungkin memiliki taman bonsai, taman herba, atau taman kaktus yang menambah keindahan dan variasi di taman tersebut. Tentunya, keindahan taman bunga menjadi salah satu objek andalan Selecta sehingga terus dirawat dan dijaga dengan baik.

3. Beragam Wahana Seru Untuk Keluarga

Selecta Malang adalah tempat wisata yang menawarkan banyak wahana seru bagi pengunjungnya. Salah satu wahana favorit di sini adalah Sky Bike, yang akan mengajak Anda bersepeda di atas lintasan rel khusus yang terletak beberapa meter di atas tanah. Sepeda yang digunakan pun unik karena bentuknya yang lingkaran seperti cincin dan Anda bisa duduk di dalamnya. Dari atas wahana ini, Anda dapat melihat hampir semua sudut Selecta, mulai dari taman bunga hingga tempat-tempat lainnya.

Wahana lain yang tak kalah seru adalah kapal ayun atau yang lebih dikenal dengan nama kora-kora. Anak-anak kecil juga bisa mencoba wahana yang aman seperti kiddy ride. Selain itu, di Selecta Malang juga terdapat puluhan wahana lain yang pasti akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Jadi, jangan lupa untuk mencoba berbagai wahana yang tersedia saat berkunjung ke Selecta Malang.

Lokasi dan Rute ke Taman Rekreasi Selecta Batu
Taman Selecta Malang terletak di Jl. Raya Selecta No.1, Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Dari pusat Kota Malang, jarak ke Taman Selecta sekitar 25 km dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Selain Taman Selecta, di Kota Batu juga terdapat beberapa tempat wisata lain yang dapat Anda kunjungi, seperti Jatim Park 2. Selain itu, Taman Selecta juga berada tidak jauh dari destinasi wisata Coban Talun yang dapat Anda kunjungi setelah mengunjungi Taman Selecta.

Fasilitas di Taman Rekreasi Selecta Batu
Taman Rekreasi Selecta juga menyediakan fasilitas yang memadai, seperti kantin yang menyajikan makanan dan minuman segar, toilet yang bersih dan nyaman, serta musholla untuk beribadah.

Jadi, jika Anda sedang berada di Kota Batu dan ingin menikmati waktu bersama keluarga atau teman-teman dengan berbagai wahana permainan yang menyenangkan, maka Taman Rekreasi Selecta adalah pilihan yang tepat untuk Anda kunjungi.

Harga Tiket Masuk Taman Rekreasi Selecta Batu
Selecta pun menjadi salah satu destinasi wisata yang terjangkau dari sisi harga. Pengunjung hanya perllu membayar harga tiket masuk taman rekreasi Selecta sebesar Rp40.000 saja. Sedangkan tarif parkir motor di taman rekreasi tersebut adalah Rp5.000, sedangkan tarif parkir mobil adalah Rp 10.000,00. Tarif parkir bus di taman rekreasi tersebut adalah Rp 30.000.

Untuk mencoba beberapa wahana di Selecta, pengunjung cukup membayar biaya tambahan yang juga terjangkau seperti Bianglala dengan harga tiket Rp10.000, Tagada Rp10.000, mobil ayun Rp10.000, dan harga tiket untuk menggunakan wahana Sky Bike adalah Rp 20.000,00.

Jadi tunggu apalagi? Segera siapkan perbekalan dan susun jadwal liburan ke taman rekreasi Selecta. Setelahnya, Anda dan keluarga juga bisa berwisata ke berbagai destinasi wisata di Malang lainnya. (Jas/tim)

Sumber : https://tugumalang.id

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :