Wajib Coba! 4 Cara Menghilangkan Kerutan Di Bawah Mata Secara Alami

Usia yang bertambah, pasti punya efek yang cukup besar bagi tubuh kita. Terutama pada area wajah, yang nggak jarang jadi bikin kita jadi minder alias kurang percaya diri.

Yup! Kerutan di wajah bisa jadi merupakan musuh bebuyutan bagi Ibu yang sudah menginjak usia 30 tahun-an. Tak terkecuali kerutan di bawah mata.

Kerutan di bawah mata punya peran yang cukup besar dalam mengganggu penampilan. Kerutan di bawah mata kadang bisa bikin tatapan kita terlihat layu, kusam dan tampak lebih tua dari usia kita.

Karena itu, banyak cara rela dilakukan orang demi menghilangkan kerutan di bawah mata. Salah satunya adalah dengan melakukan operasi, sekaligus mengurangi kantung mata.

Padahal sebenarnya, menghilangkan kerutan di bawah mata bisa dilakukan secara alami, lho! Bahkan menggunakan bahan-bahan yang kebanyakan ada di rumah. Yuk kita simak caranya!

Penyebab kerutan di bawah mata

Kerutan di bawah mata sejatinya merupakan kondisi yang wajar terjadi, seiring dengan bertambahnya usia. Jika melansir Medical News Today sebenarnya ada tiga jenis kerutan utama yang jadi penyebab kerutan di bawah mata.

Diantaranya adalah kerutan dinamis, kerutan statis, dan lipatan kerutan. Beberapa orang memilih prosedur kosmetik untuk merawat kerutan di bawah mata milik mereka.

Memang, cara ini mungkin tergolong lebih efektif dibanding perawatan alami. Namun terkadang cara ini jelas dapat menimbulkan efek samping.

Padahal ada banyak hal yang dapat dilakukan orang untuk mencoba mencegah kerutan di bawah mata mereka. Ini termasuk menghindari paparan sinar matahari, tidak merokok, dan melembabkan kulit setiap hari.

Untuk penyebab kerutan di bawah mata sendiri sebenarnya ada banyak. Namun, faktor usia dan lifestyle punya pengaruh yang cukup besar dalam menjadi penyebab timbulnya kerutan di bawah mata.

Cara menghilangkan kerutan di bawah mata alami

Meski tidak bisa memberikan efek secara langsung layaknya perawatan wajah di dokter, namun melansir Healthline cara menghilangkan kerutan di bawah mata berikut ini terbilang cukup efektif, lho!

Berikut ini adalah panduan dalam menghilangkan kerutan di bawah mata yang bisa kamu coba di rumah:

1. Es batu

Cara menghilangkan kerutan di bawah mata dengan es batu, belakangan ini memang sedang viral di beberapa platform media sosial. Tapi benarkah hal ini bisa jadi cara menghilangkan kerutan di bawah mata alami yang cukup efektif?

Melansir Cleveland Clinic es batu punya banyak manfaat buat kulit kita. Terutama dalam hal mengatasi cedera dan luka. Sebab, es batu yang dingin dapat membantu mengalirkan kelebihan cairan dari sistem limfatik, yang juga membantu mengurangi bengkak pada wajah.

Mengoleskan es dengan lembut di bawah mata juga dapat membantu melepaskan penumpukan cairan, menguras racun, dan menimbulkan efek pengencangan pada kulit. Sehingga hal ini cukup berkaitan dengan cara menghilangkan kerutan di bawah mata.

Es batu juga dapat melancarkan sirkulasi darah pada area mata bagian bawah. Hal ini setidaknya juga dapat memudarkan kerutan-kerutan tersebut, meski tidak bisa menghasilkan efek secara permanen.

2. Menggunakan sunscreen

Kita tahu bahwa paparan sinar matahari memiliki efek yang sangat berbahaya bagi kulit. Bahkan paparan sinar matahari juga menjadi musuh utama penyebab kerutan di kulit kita.

Untuk menghilangkan kerutan di bawah mata, penting untuk menghindari sengatan sinar matahari dan rutin menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar ultraviolet.

3. Perbaiki posisi tidur

Menurut sebuah penelitian tahun 2013 yang berjudul Effect of Sleep Position on Perceived Facial Aging tidur tengkurap sedikit banyak memiliki efek buruk penyebab bertambahnya kerutan di wajah. Apalagi tidur tengkurap dapat membuat lipatan, kerutan, dan garis halus di area mata menjadi lebih banyak.

Sehingga memperbaiki posisi tidur tengkurap jadi telentang menjadi salah satu cara yang terbilang cukup efektif dalam menghilangkan kerutan di bawah mata.

4. Ubah lifestyle jadi lebih sehat

Salah satu hal yang paling krusial untuk bisa menghilangkan kerutan di wajah secara alami adalah, dengan mengubah lifestyle atau gaya hidup jadi lebih sehat. Sebisa mungkin segera berhenti merokok dan minum minuman beralkohol.

Ganti dengan perbanyak konsumsi air putih, rutin berolahraga dan perbanyak asupan makanan bernutrisi. Apalagi asap rokok mengandung zat karsinogen yang dapat menghambat kemampuan untuk membawa darah segar, hingga menyebabkan tampilan kulit jadi kusam dan pucat.(sel/tim)

sumber : https://www.liputan6.com

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :