5 Manfaat Alpukat untuk Rambut, Bisa Melindungi dari Kerusakan

Alpukat termasuk buah yang kaya kandungan gizi dan berguna untuk tubuh hingga rambut. Buah yang satu ini dianggap sebagai sumber biotin.

Manfaat alpukat untuk rambut juga tercatat dalam sebuah penelitian 2015 yang menyebut kandungan mineral, kalium, dan magnesium dapat membantu rambut tampak halus dan berkilau.

Melansir Healthline, banyak orang juga merasakan rambut mereka lebih halus dan kuat setelah menggunakan masker alpukat.

Berikut ini beberapa manfaat yang dapat diberikan alpukat untuk rambut:

1. Melembapkan rambut
Melansir Byrdie, alpukat sangat cocok untuk pemilik rambut kering dan kasar. Kandungan potasium dan magnesium pada alpukat dapat mengunci kelembapan rambut.

Hasilnya, tekstur rambut akan meningkat dan berkilau. Selain itu, alpukat juga bisa merevitalisasi rambut kasar dan kering.

2. Mencegah kerontokan
Alpukat dapat membuka sumbatan folikel dan merangsang pertumbuhan rambut. Caranya, kamu bisa memijat masker atau minyak alpukat ke kulit kepala untuk meningkatkan aliran darah dan membuka sumbatan folikel.

Kandungan potasium dalam alpukat membantu mengatur keseimbangan cairan di dalam dan luar sel darah untuk mencegah kerontokan rambut.

3. Melindungi rambut dari kerusakan
Manfaat alpukat untuk rambut yang ketiga adalah untuk melindunginya dari kerusakan. Alpukat mengandung antioksidan, vitamin C, dan E yang melindungi kulit kepala dan rambut dari radikal bebas dan polusi.

Anda bisa menggunakan minyak alpukat untuk merawat dan menata rambut. Nantinya, minyak alpukat akan melapisi rambut dan memberikan kelembapan dan perlindungan.

4. Menyehatkan kulit kepala
Minyak alami milik alpukat dapat melembapkan dan meremajakan kulit yang kering. Caranya, Anda bisa memijat kulit kepala dengan masker atau minyak alpukat untuk menjaga keseimbangan.

Alpukat juga dapat membantu menenangkan kulit kepala yang teriritasi dan terkelupas sekaligus menghilangkan kekeringan.

5. Membantu pertumbuhan rambut
Kandungan biotin dalam alpukat membantu pertumbuhan rambut. Selain itu, alpukat mengandung vitamin B yang membantu rambut tumbuh lebih sehat.

Itulah sejumlah manfaat alpukat untuk rambut yang perlu kamu ketahui.

Sumber : Cnnindonesia

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :