Miris, 4 Ruangan SDN di Mojokerto Rusak Parah, Tak Kunjung Diperbaiki

SDN Sumberwuluh di Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, mengalami kerusakan parah.

Empat ruangan, yakni dua kelas dan ruangan guru beserta kantor, kondisinya rusak dan tak kunjung diperbaiki.

Akibat kerusakan yang terjadi sejak tahun 2020 ini, sejumlah ruangan tidak digunakan.

“Saya masuk dari awal Februari tahun ini dan memang empat ruangan tersebut kondisinya sudah rusak parah,” jelas Kepala SDN Sumberwuluh Mojokerto, Lilik Budiastutik, Kamis (1/9/2022).

Pihak sekolah akhirnya memindahkan ruangan kelas VI ke ruangan UKS dan ruangan olahraga. Namun kondisi bangunan yang kini digunakan siswa kelas VI kondisinya juga rusak dibagikan plafon.

Lilik Budiastutik juga memindahkan ruangan guru dan kantor ke bangunan lain yang lebih aman di samping musala.

“Saya pindahkan ruangan guru ke bangunan di dekat musala, sedangkan ruangan bekas kepala sekolah digunakan UKS, dapur dan tempat olahraga,” ucap Lilik Budiastutik.

Dia mengatakan, pihak sekolah sudah mengajukan proposal terkait rehabilitasi gedung di Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto. Namun oleh Dindik, dijanjikan perencanaan rehabilitasi gedung pada 2023 mendatang.

“Kita sudah mengajukan proposal rehabilitasi bangunan sekolah, kabarnya realisasi tahun ini namun ternyata sekolah diminta untuk mengajukan proposal lagi ke Diknas dan informasinya baru masuk tahun 2023,” bebernya.

Para siswapun was-was saat belajar di ruangan kelas yang kondisinya rusak. Mereka berharap agar ruangan kelasnya segera diperbaiki.

“Saya inginnya itu ya sekolah saya ini cepat diperbaiki agar kita gak takut saat belajar di kelas,” ujar siswi kelas VI, Adelia.

Akibat ruangan kelas rusak, Adelia beserta para siswa harus berpindah gedung sekolah yang kondisinya tidak layak.

“Saat itu saya kelas V ruangan kelas atapnya roboh jadi ya pindah ke ruangan lain, tapi atapnya sekarang banyak lubang-lubang,” pungkasnya(tim/Sam)

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :