Viral, Penampakan Cahaya Aneh Diatas Gunung Semeru Terekam CCTV

Dua video penampakan cahaya aneh di atas gunung diduga Semeru viral di media sosial. Di dalam 1 dari 2 video itu tertera sejumlah keterangan yang menunjukkan bahwa video itu merupakan rekaman CCTV BPBD Semeru.

Di video pertama yang diunggah Sabtu (20/8/2022) dini hari berdurasi 55 detik itu terlihat cahaya yang muncul lalu berputar di langit. Ada sejumlah keterangan yang menunjukkan siapa yang mengambil, serta kapan dan di mana video itu diambil.

Pada bagian kiri bawah video itu tertera tulisan MSJ-BPBD-CCTV Semeru, seolah menunjukkan video itu resmi dari BPBD CCTV Semeru. Sedangkan di kanan atas video tertulis lokasi video itu diambil, yakni di Oro-Oro Ombo, Lumajang.

Lainnya, pada bagian kiri atas tertulis keterangan waktu video diambil pada pada Jumat (19/8/2022) malam pukul 20.22 WIB. Ada juga keterangan dari pengunggah video di akun TikTok @gbchannel87.

“Terlihat lagi cahaya putih menggeliat dilangit Semeru. Turun menghilang, muncul lagi,” demikian tulisan di dalam video tersebut. Sedangkan dalam keterangan pengantar video itu menyebutkan, “kali ini uncul cahaya putih terbang dengan gerakan aneh, menggeliat-geliat dilangit gunung semeru!”

Video yang diunggah di akun TikTok @gbchannel87 Jumat dini hari itu sudah dilihat sebanyak 5.046 kali saat dipantau detikJatim pada Sabtu siang pukul 13.15 WIB. Video itu dibagikan sebanyak 14 kali dan telah dikomentari 3 kali.

Sebelumnya, akun TikTok yang sama juga mengunggah video lain disebut terjadi di gunung berapi. Sebuah objek bercahaya melayang di langit seperti meteor tapi berbelok masuk ke dalam kawah. Video itu tidak disertai keterangan seperti dalam video sebelumnya. Hanya ada keterangan dari pengunggah video tersebut.

“Fenomena Langka! Kalau itu meteor lalu kenapa dia berbelok dan masuk ke dalam kawah?” Demikian keterangan di dalam video tersebut. Sedangkan keterangan pengantar video di TikTok menyebutkan, “Aneh!!! object bercahaya putih melesat dan berbelok turun masuk ke dalam kawah gunung.”

Video berdurasi 1 menit itu sudah ditonton sebanyak 4.150 kali, dibagikan sebanyak 6 kali, dan dikomentari sebanyak 13 kali.

Sekadar diketahui, akun TikTok @gbchannel87 itu merupakan akun yang sama yang sebelumnya pernah mengunggah objek terbang aneh di langit malang kemudian viral. Banyak yang mengira video di Malang saat itu adalah UFO, tapi banyak pengamat yang menyebut video itu hasil rekayasa.

(Tim/Sam)

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :