10 Wilayah Jatim Terdampak ‘Suntik Mati’ TV Analog Jilid 2, Mojokerto ?

Suntik mati TV analog atau Analog Switch Off (ASO) jilid dua akan dilakukan pada 25 Agustus 2022. Berikut daftar 10 wilayah Jatim terdampak ASO Tahap 2.

Sebelumnya, penghentian siaran analog atau ASO Tahap 1 sudah dilakukan pada 30 April 2022 yang mencakup 56 wilayah siaran di 166 kabupaten. Dalam implementasinya, peralihan ke siaran TV digital tersebut baru dilakukan 4 wilayah siaran di 8 kabupaten/kota. Lalu, ASO Tahap 3 diterapkan pada 2 November 2022.

Proses migrasi TV analog ke digital masih terus berjalan. Dalam berbagai kesempatan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan bahwa implementasi ASO akan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

“Berkaitan dengan digitalisasi broadcasting Analog Switch Off, Undang-Undang Cipta Kerja sektor Postelsiar mensyaratkan paling lambat tanggal 2 November 2022 seluruh analog sistem penyiaran nasional kita harus dimatikan dan berpindah ke penyelenggaraan digital broadcasting atau penyiaran digital,” kata Menkominfo Johnny G Plate sebelumnya.

Berikut 10 Wilayah yang Terdampak ASO Tahap 2 di Jatim
Kabupaten Pasuruan
Kabupaten Sidoarjo
Kabupaten Mojokerto
Kabupaten Jombang
Kabupaten Lamongan
Kabupaten Gresik
Kabupaten Bangkalan
Kota Pasuruan
Kota Mojokerto
Kota Surabaya

Untuk masyarakat yang masih memiliki TV analog, perangkat televisi tersebut masih bisa dimanfaatkan. Yakni dibantu dengan alat bernama Set Top Box (STB) untuk mendapatkan siaran TV digital yang harganya sekitar Rp 150 ribu-Rp 300 ribuan.

Apabila Anda termasuk kelompok keluarga miskin yang tercantum pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial, maka penyelenggara multipleksing (mux) yang dibantu Kominfo akan memberikan bantuan set top box gratis TV digital.(tim/Sam)

Baca juga :