Pindahkan Bensin Dari Tangki Mobil Ke Mesin Pom Mini, Satu Unit Mobil Di Mojokerto Terbakar

Sebuah pom mini yang berlokasi di Dusun Jetak, Desa Kutogirang, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Minggu (31/07/2022) pagi terbakar hebat. Satu unit mobil hangus terbakar.

Selain itu, kebakaran yang terjadi sekitar pukul 10.00 WIB di Pom mini milik Muhammad Najib, 45 hangus terbakar juga membuat seorang warga dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan karena mengalami luka bakar.

Dari data yang diperoleh dari Petuga BPBD Kabupaten Mojokerto, awal munculnya api hingga melalap habis satu mesin pom mini terlihat dari teras yang berada di balik pom mini.

Api yang terus membesar kemudian menjalar ke lokasi lain. Puluhan warga yang mengetahui hal tersebut kemudian berbondong-bondong membantu memadamkan api dengan alat seadanya sembari menunggu petugas pemadam kebakaran datang ke lokasi.

Api berhasil dipadamkan satu jam setelah lima unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mojokerto Djoko Supangkat menyebut, dari data yang didapat dari anggota di lokasi, bangunan yang terbakar merupakan teras rumah seluas 12×6 meter persegi.

Selain itu, api juga menghanguskan satu unit mobil Toyota Kijang nopol S 1237 PM milik Najib. Mobil yang terbakar saat itu tengah terparkir tepat di belakang pom mini .

“Yang terbakar teras rumah dan ada satu mobil,” ungkapnya.

Menurut Djoko, kebakaran diduga terjadi akibat korsleting listrik. Saat itu, pemilik tengah memindahkan bahan bakar dari mobil ke tangki pom mini menggunakan selang. Nahas, api tiba-tiba berkobar dari tangki mobil yang sedang menyala hingga akhirnya terbakar hebat. Kondisi mesin mobil yang dibiarkan menyala diduga memantik api.

Beruntung, dalam kejadian tersebut api tak menyambar stasiun pom mini yang berisi bahan bakar. “Pom mininya masih utuh, tidak sampai terbakar atau meledak,” tegasnya.

Akibat kebakaran yang melanda tempat usahanya ini, Najib harus dilarikan ke rumah sakit. Dia mengalami luka bakar tingkat sedang pada bagian lengan. Luka itu didapatnya saat kebakaran terjadi. Korban saat ini menjalani perawatan di RS Kartini, Mojosari.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Ngoro AKP Saiful mengatakan, saat ini petugas masih melakukan penyelidikan untuk memastikan penyebab kebakaran yang menghanguskan mesin pom mini dan satu unit mobil milik Najib.

Dari hasil pemeriksaan sementara, dugaan sementara kebakaran tersebut disebabkan korsleting listrik saat pemilik memindahkan bahan bakar BBM dari tangki mobil ke mesin pom mini dengan menggunakan mesin pompa air.

Disaat memindahkan BBM diduga terjadi korsleting listrik hingga menyambar bahan bakar saat memindahkan. “Dugaannya seperti itu, hanya saja ini masih kita selidiki,” tegasnya.(fad/Sam)

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :