Puluhan Bonek Bantu Evakuasi Pikap Muat Pisang Terguling di Tol Jomo

Rombongan suporter Persebaya, bonek membantu evakuasi pikap muat pisang yang terguling di Astra Tol Jombang-Mojokerto (Jomo). Sopir dan 2 penumpang pikap selamat dari kecelakaan tunggal tersebut.

Dalam video berdurasi 40 detik itu beredar di medsos, puluhan bonek beramai-ramai menghampiri sebuah pikap yang terguling di tengah jalan Astra Tol Jomo. Mereka mengangkat satu per satu tandan pisang dari bak pikap ke tepi jalan.

Selanjutnya, para fans Persebaya itu kompak mendorong pikap dari posisi terguling hingga kembali berdiri. Nampak pengguna jalan tol masih bisa melintasi lokasi kecelakaan melalui bahu jalan tol.

Kepala Departemen Layanan Lalu Lintas Astra Tol Jomo Zanuar Firmanto membenarkan kecelakaan dalam video yang beredar di medsos itu. Kecelakaan terjadi di KM 704.200A pada Sabtu (18/6/2022) sekitar pukul 16.00 WIB.

Pikap nopol W 8393 DS yang dikemudikan Ismuni (50), warga Kelurahan Sawungaling, Wonokromo, Surabaya mengangkut sekitar 1 ton pisang dari Kediri menuju Sepanjang, Taman, Sidoarjo. Kecelakaan tunggal itu terjadi karena mengalami ban pecah.

“Kecepatan pikap sekitar 40 Km/Jam. Sampai di KM 704.200A, ban belakang sisi kiri pikap pecah. Sehingga kendaraan hilang kendali, oleng dan terguling,” kata Zanuar, Minggu (19/6/2022).

Pikap yang terlibat kecelakaan (Dok. Astra Tol Jomo)
Kecelakaan tunggal ini, lanjut Zanuar, mengakibatkan muatan pisang tumpah ke jalan tol. Beruntung sopir pikap dan 2 penumpangnya selamat. Penumpang pikap adalah Abdul Karim (65) dan Supardi (51), keduanya warga Desa Jogoloyo, Sumobito, Jombang.

Sedangkan rombongan bonek yang datang membantu diketahui naik bus. Mereka diketahui dari Kota Bandung menyaksikan pertandingan Persib menghadapi Persebaya di ajang Piala Presiden.

“Berdasarkan info teman-teman di lapangan, rombongan bonek naik bus di jalur ambon (dari arah Madiun ke Surabaya) dari Kota Bandung,” terangnya.

Zanuar menjelaskan, evakuasi pikap dan muatannya dilanjutkan tim dari Astra Tol Jomo menggunakan mobil derek, mobil patroli dan ambulans. Pikap, sopir, penumpang dan muatan pisang diamankan ke Pos PJR di KM 684.

“Boneknya tertib, begitu datang petugas, mereka langsung melanjutkan perjalanan,” tutur Zanuar.(tim/Sam)

Support by : PT Media Cakrawala FM

Baca juga :